4 Cara Efektif Menjaga Ketahanan Baterai Android

Menjaga daya tahan baterai android supaya tidak cepat habisBaterai Android yang tahan lama tentunya diinginkan oleh setiap orang, tapi sayangnya harapan tersebut seringkali pupus dikarenakan ada beberapa faktor yang menyebabkan komponen penyuplai daya tersebut menjadi boros, cepat panas bahkan tidak bisa di charge sama sekali.

Secara garis besar, penyebab utama baterai Android cepat habis, panas, ngedrop atau bocor adalah masa pemakaian dan penggunaan smartphone yang salah atau berlebihan. Itu artinya cacat produksi hanya memiliki sedikit andil dalam menyebabkan anomali pada baterai.

Untuk menjaga kualitas dan daya tahan baterai smartphone Android, baik kondisi baru maupun sudah terpakai serta yang bersifat removable dan non-removable, kami menyarankan beberapa hal berikut ini :

Biasakan nge-charge smartphone dalam kondisi off. Mengisi ulang baterai ketika smartphone dalam kondisi off akan membuat baterai lebih awet, sebab baterai tidak digunakan untuk mentenagai hardware, sistem operasi serta aplikasi didalamnya. Selain itu baterai ponsel pintar anda akan lebih cepat penuh jika dibandingkan dengan di-charge dalam kondisi on/hidup.

Biasakan menonaktifkan semua koneksi data ketika mengisi ulang baterai. Pengujian yang kami lakukan terhadap beberapa smartphone menunjukkan bahwa baterai akan lebih cepat penuh dan lebih awet ketika WiFi adapter, koneksi seluler, NFC dan bluetooth dinonaktifkan. Kondisi ini akan lebih baik jika anda mematikan GPS dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background.

Hindari menyimpan smartphone Android di ruangan dengan suhu berlebih. Tempat yang memiliki panas berlebih akan menyebabkan leaking terhadap baterai, kondisi ini selain memicu baterai cepat boros, juga bisa menyebabkan ledakan. Jika selama ini anda seringkali menyimpan smartphone di dashboard mobil (misalnya) ketika cahaya matahari menyengat, maka hindari kebiasaan tersebut untuk menjaga keamanan sekaligus daya tahan baterai.

Kurangi aktifitas yang kurang/tidak bermanfaat. Beberapa aktifitas yang kurang begitu penting sebaiknya dikurangi, bahkan jika bisa dihilangkan saja. Aktifitas tersebut misalnya selfie yang berlebih demi mendapatkan pujian semata atau menonton video yang sama berulangkali. Kamera dan layar smartphone yang terlalu sering aktif akan menyebabkan baterai smartphone menjadi lebih cepat habis dan suhunya meningkat.

Itulah sedikit tips dari kami mengenai cara menghemat sekaligus menjaga daya tahan baterai smartphone Android, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.