4 Alasan Kenapa Smartphone Android Tidak Perlu Antivirus

Antivirus menyebabkan baterei smartphone Android menjadi lebih borosPerkembangan sistem operasi Android sangat pesat, kondisi tersebut membuat beberapa vendor produk security terkemuka seperti Kaspersky dan AVG berlomba menghadirkan produk andalan mereka, salah satunya antivirus.

Tapi sebagai pengguna, kita sebaiknya bersikap bijaksana dalam menyikapi kehadiran berbagai produk keamanan tersebut, sebab selain memberikan keamanan tambahan, antivirus tersebut memiliki efek lain yang bersifat merugikan, salah satunya yaitu bisa menyebabkan smartphone Android menjadi lemot atau lambat.

Dalam pengujian terbatas terhadap lebih dari 15 antivirus untuk Android, kami mengambil kesimpulan bahwa :
Sistem operasi Android belum begitu memerlukan antivirus.
Alasannya adalah aplikasi-aplikasi yang dianggap atau dikategorikan jahat belum ada yang mampu memodifikasi kernel sistem operasi Android.

Tapi jika ada diantara anda yang membantah statement kami dikarenakan memiliki smartphone Android yang bertingkah aneh dan super lambat kinerjanya, maka kami menyarankan anda untuk memeriksa dan memastikan terlebih dahulu barangkali smartphone anda terinstal firmware yang menyertakan bloatware.

Untuk mengetahui secara lebih detail kenapa smartphone Android tidak membutuhkan antivirus, silahkan baca ulasan kami mengenai 4 fitur antivirus yang tidak bermanfaat.

Beberapa smartphone Android yang berasal dari negeri tirai bambu dengan merk kurang terkenal biasanya akan menyertakan bloatware yang menyamar selayaknya aplikasi resmi. Oleh sebab itu kami menyarankan anda untuk menginstal firmware yang benar-benar bersih dari bloatware supaya bisa menggunakan smartphone secara nyaman sekaligus mendapatkan manfaat yang sesuai dengan harapan.

Berikut ini beberapa alasan kenapa smartphone Android tidak perlu di instal antivirus :
  • Tidak ada aplikasi jahat yang bisa melakukan flashing firmware (setidaknya hingga saat artikel ini dipublikasikan).
  • Google melakukan scanning terhadap setiap aplikasi yang akan dipublikasi di Google Store
  • Antivirus hanya menambah beban sehingga smartphone Android akan menjadi lebih lambat
  • Antivirus menyebabkan baterei smartphone terkuras lebih cepat
  • Belum ada antivirus yang bisa mengantisipasi bloatware
Meskipun begitu, keputusan tetap berada di tangan anda. Itulah ulasan singkat dari kami mengenai layak dan tidaknya smartphone Android diinstal antivirus, semoga bermanfaat.