5 Agustus 2018

Cara Membuat Ribbon Form di VB Net Menggunakan DevExpress

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara insert, update dan delete data pada MySQL, dan kali ini kami akan mencoba membagikan secuil pengalaman mengenai cara membuat ribbon form di VB Net.

Proses pembuatan ribbon form ini akan melibatkan salah satu plugin populer untuk VB Net, yakni DevExpress WinForms.

Sebelum melanjutkan, kami ingin membahas sedikit mengenai ribbon form. Ribbon form pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft di salah satu aplikasi suite untuk perkantoran, yakni Microsoft Office 2007. Saat itu ribbon form menjadi salah satu fitur andalan mereka untuk memasarkan Office 2007, dan ternyata ribbon form membuahkan kesuksesan serta keuntungan bagi Microsoft.
Cara Membuat Ribbon Form di VB Net Kembali ke pembahasan, dalam tutorial pembuatan ribbon form kali ini kami tidak akan melibatkan kode, karena prosesnya memang sangat minim bahkan bisa disebut bebas dari kode yang rumit.

Sebagai tambahan, dalam tutorial ini kami masih menggunakan Visual Studio 2013 Ultimate Update 4 dan DevExpress 18.1. Anda boleh menggunakan DevExpress yang lebih lama karena secara fundamental pembuatan ribbon form dengan DevExpress ini tidak memiliki perbedaan yang mencolok.

Berikut ini adalah cara membuat Ribbon Form menggunakan VB Net dan DevExpress :

1. Buat sebuah proyek baru di Visual Studio
2. Pilih DevExpres 18.1 Template Gallery pada sub template Visual Basic
3. Beri nama proyek anda, tentukan juga folder yang akan dijadikan lokasi proyek
4. Tekan OK, wizard akan mengarahkan anda menuju DevExpress Template Gallery
Cara Membuat Ribbon Form di VB Net 5. Pilih Ribbon Based Application
6. Pilih Create Project
Cara Membuat Ribbon Form di VB Net Taraaa....anda sudah berhasil sebuah membuat proyek VB Net baru dengan antarmuka ribbon form. Sangat simple, mudah dan cepat bukan ?? Silahkan jalankan proyek anda kemudian lihat hasilnya. Berikut ini contoh ribbon form yang kami buat :
Cara Membuat Ribbon Form di VB Net Itulah artikel dari kami mengenai cara membuat Ribbon Form menggunakan VB Net dan DevExpress, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya. Amin