4 Agustus 2018

Cara Insert, Update dan Delete Data MySQL Menggunakan VB Net

Di artikel-artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai cara membuat database MySQL, menghubungkannya ke aplikasi VB NET, menampilkan datanya di datagrid (XtraGrid) dan membuat popup menu untuk menangani data yang ada di database. Maka sekarang kita akan melanjutkan materi pembahasan ke arah yang lebih advanced, yakni melakukan insert, update dan delete data ke/dari database MySQL/MariaDB tersebut dengan memanfaatkan VB Net.

Untuk seorang programmer yang rutinitasnya melibatkan database, maka proses insert, update dan delete data merupakan sebuah pekerjaan rutin yang tidak akan pernah bisa dipisahkan. Contoh aplikasi yang kami gunakan dalam artikel kali ini bisa anda unduh di akhir pembahasan.
Cara Insert, Update dan Delete Data MySQL Sebelum melanjutkan pembahasan, kami harap anda sudah memahami cara mendesain aplikasi di VB Net. Sedangkan beberapa persyaratan yang harus terpenuhi supaya anda bisa mempraktekkan tutorial ini adalah :
  • Komputer anda sudah terinstall Microsoft Visual Studio (versi berapapun boleh, kami menggunakan Visual Studio 2013 Ultimate Update 4)
  • Visual Studio anda sudah dilengkapi dengan DevExpress WinForms 18.1 (Jika anda menggunakan contoh aplikasi yang kami sertakan, maka versinya DevExpress harus sama)
  • Sudah tersedia database MySQL atau MariaDB
Jika semua persyaratan di atas sudah terpenuhi, maka kami akan menjelaskan mengenai logika pemrogramman yang kami gunakan, silahkan lihat dan simak gambar di bawah ini :
Cara Insert, Update dan Delete Data MySQL Menggunakan VB Net
  1. Saat pertama kali dijalankan, aplikasi akan membuat koneksi dengan database
  2. Aplikasi akan 'menyembunyikan' kolom ID supaya aplikasi terkesan lebih pro
  3. Aplikasi akan membuat ID otomatis dan unik untuk setiap record sekaligus untuk dijadikan sebagai klausa penentu ketika melakukan proses update dan delete
  4. Aplikasi akan melakukan proses seleksi terhadap satuan barang sehingga user bisa meminimalisir pengetikan ulang terhadap satuan barang
  5. Aplikasi hanya menggunakan sebuah button yang memiliki 2 fungsi secara sekaligus, yakni untuk memasukkan data/record (insert) dan memperbaharui data/record (update)
  6. Aplikasi akan melakukan proses penghapusan record melalui menu popup
Langkah selanjutnya sangat mudah, yakni hanya membaca dan mempraktekkan tutorial berikut ini :

A. Kode Untuk Melakukan Insert Data ke/di Database MySQL/MariaDB

Secara garis besar kode untuk melakukan insert data ke database MySQL/MariaDB bentuknya seperti ini :

A1. Kode untuk melakukan insert data dengan menyertakan nama kolom

INSERT INTO table_name (column1, column2, column3, ...)
VALUES (value1, value2, value3, ...)
Kode di atas adalah snippet utama untuk memasukkan datarecord ke database yang terhubung ke aplikasi, dan data yang akan/ingin dimasukkan bisa disesuaikan dengan database yang anda buat.

A2. Kode untuk melakukan insert data tanpa menyertakan nama kolom

INSERT INTO table_name
VALUES (value1, value2, value3, ...)


B. Kode Untuk Melakukan Update Data ke/di Database MySQL/MariaDB

Berikut ini adalah kode (snippet) yang digunakan untuk mengupdate/memperbaharui datarecord yang ada di database MySQL/MariaDB :
UPDATE table_name
SET column1 = value1, column2 = value2, ...
WHERE condition


C. Kode Untuk Menghapus Datarecord Yang Ada di Database MySQL/MariaDB

Di bawah ini adalah kode untuk menghapus data tertentu yang ada di database MySQL/MariaDB :
DELETE FROM table_name
WHERE condition;
Bagaimana, apakah anda sudah mendapatkan gambaran mengenai cara melakukan insert, update dan delete data di database MySQL/MariaDB ??

Pastinya belum ya ? Maka dari itu untuk lebih lengkapnya kami persilahkan anda untuk mengunduh contoh aplikasi berikut ini. Silahkan pelajari dan praktekkan hingga anda benar-benar memahami dan bisa memanfaatkannya untuk mendukung pekerjaan anda.

Download Contoh Aplikasi Insert, Update, Data (Format RAR, Password Protected)

Itulah penjelasan kami mengenai cara melakukan proses insert, update dan delete data pada database MySQL dan MariaDB. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya. Amin