20 Juli 2018

Cara Menampilkan Record MySQL di XtraGrid DevExpress

Setelah membahas mengenai cara mempercantik form VB Net, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara menampilkan data record yang ada di database MySQL di XtraGrid. Artikel ini dikhususkan untuk anda yang sedang melakukan migrasi dari DataGridView bawaan VB Net ke XtraGrid DevExpress.

Menampilkan record MySQL di XtraGrid sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan DataGridView, kita hanya membutuhkan beberapa baris kode untuk melakukannya. Kita bisa menggunakan modul ataupun tidak untuk menampilkan data tersebut, tetapi kami menyarankan anda untuk membuat sub rutin di sebuah modul dengan tujuan supaya anda tidak melakukan banyak pengulangan sehingga ukuran aplikasi bisa tetap ramping serta tidak terlalu membebani sistem.
Cara Menampilkan Record MySQL di XtraGrid DevExpress Untuk anda yang sudah membaca artikel mengenai cara menghubungkan aplikasi VB Net dengan database MySQL, maka anda akan menemukan bahwa tutorial di artikel ini tidak jauh berbeda. Tapi kami harap semoga panduan ini bisa memperjelas sekaligus membantu anda yang sedang mengalami kesulitan menghubungkan sekaligus menampilkan data di XtraGrid.

Cara menampilkan MySQL Record ini dibagi menjadi tiga tahap dan satu syarat, yakni :
  1. Membuat project, lalu tambahkan kontrol XtraGrid
  2. Membuat sebuah modul
  3. Menambahkan reference MySQLData ke Project; dan
  4. Memiliki database MySQL (syarat)
Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan masing-masing poin di atas :

Membuat Project di VB Net

Untuk membuat project baru di VB Net silahkan tekan kombinasi tombol Ctrl+Shift+N kemudian isi nama project sesuai keinginan masing-masing, jangan lupa tentukan juga direktori yang akan dijadikan sebagai lokasi penyimpanan project.
Cara Menampilkan Record MySQL di XtraGrid DevExpress
Ketika membuat project baru, kita akan otomatis dibuatkan sebuah form, silahkan drag & drop sebuah GridControl (XtraGrid) ke form tersebut lalu sesuaikan ukurannya. Dalam tutorial ini kami menggunakan GridControl versi 18.1.
Menampilkan Record MySQL di XtraGrid
Masuk ke mode koding (tekan F7 saat anda berada di desain mode) kemudian buat sebuah even untuk menghandle form saat dibuka, lalu masukkan kode berikut ini :
Imports MySql.Data.MySqlClient

Public Class Form1

    Private Sub Form1_Load(sender As Object, e As EventArgs) Handles Me.Load
        Call ConDB()
        DA = New MySqlDataAdapter("Select * From Barang", Conn)
        DS = New DataSet
        DS.Clear()
        DA.Fill(DS, "Barang")
        GridControl1.DataSource = DS.Tables("Barang")
        Call DCDB()
    End Sub
End Class
Setelah membuat project dan menambahkan GridControl, maka selanjutnya menambahkan reference MySQL.

Menambahkan Reference MySQLData ke Project

Reference ini mutlak diperlukan jika anda ingin record yang ada di database MySQL bisa terhubung sekaligus ditampilkan di XtraGrid.
Menampilkan Record MySQL di XtraGrid DevExpress
Reference ini berupa sebuah file dynamic link library (dll) bernama MySQLData.dll. Library ini bisa di unduh melalui website MySQL atau juga di instal melalui NuGet Package Manager.

Membuat Modul dan Menambahkannya ke Project VB Net

Membuat dan menambahkan modul ke project VB Net bisa dilakukan melalui beberapa cara, tapi untuk lebih mudah dan cepatnya silahkan lihat gambar berikut ini :
Menampilkan Record MySQL di XtraGrid menggunakan VB Net
Silahkan isi nama modul sesuai dengan keinginan anda kemudian masukkan kode berikut ini ke dalam modul tersebut :
Imports MySql.Data.MySqlClient

Module Module1
    Public Conn As MySqlConnection
    Public DA As MySqlDataAdapter
    Public DS As DataSet
    Public STR As String

    Sub ConDB()
        Conn = New MySqlConnection("Server=localhost;Database=latihan;Uid=root;Pwd=admin;charset=utf8;convertzerodatetime=true;")
        If Conn.State = ConnectionState.Closed Then
            Try
                Conn.Open()
            Catch ex As Exception
                MessageBox.Show(ex.Message, "Error", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error)
            End Try
        End If
    End Sub

    Sub DCDB()
        Conn.Close()
    End Sub
End Module
Setelah selesai membuat modul, maka langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi. Silahkan run project dengan menekan tombol F5, dan seharusnya aplikasi yang anda buat bisa berjalan dengan baik jika mengikuti tutorial di atas secara teliti.
Cara Menampilkan Record MySQL di XtraGrid DevExpress Untuk yang membutuhkan contoh realnya silahkan mengunduh source codenya, tapi jangan lupa untuk menyesuaikan versi DevExpress ke versi 18.1 serta Visual Studio minimal versi Ultimate 2013 Update 4. Itulah panduan dari kami mengenai cara menampilkan record MySQL di XtraGrid, semoga artikel ini bermanfaat.