28 Juli 2018

Cara Membuat Tooltip Keren di VB Net Menggunakan DevExpress

Membuat tootltip di VB Net sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat, baik tanpa kode maupun melalui kode. Bahkan seseorang yang sedang mempelajari VB Net pun bisa membuat tooltip tersebut tanpa harus mengikuti kursus formal. Tapi tahukah anda bahwa tooltip tersebut bisa dimodifikasi sedemikian rupa menggunakan salah satu kontrol DevExpress, yakni ToolTip Controller.

Menggunakan kontrol ToolTip Controller DevExpress akan membantu anda untuk membuat tooltip yang keren dan tentunya berbeda dengan tooltip yang dibuat tanpa menggunakan plugin dari DevExpress.
Membuat Tooltip Keren di VB Net Menggunakan DevExpress Tooltip sendiri digunakan oleh banyak aplikasi desktop untuk memberikan keterangan singkat yang akan otomatis menutup setelah periode tertentu. Tooltip ini seringkali dijadikan sebagai media pemberi (penampil) informasi sebuah kontrol maupun menu, sehingga user bisa mengetahui manfaat dari kontrol ataupun menu sebelum mengeksekusinya.

Dalam artikel kali ini kami akan menggunakan sebuah aplikasi contoh yang pernah digunakan di artikel mengenai cara menampilkan record (data) dari database MySQL ke aplikasi VB Net. Kami akan mencoba mengimplementasikan tooltip tersebut di dalam form utama.

Berikut ini adalah cara mengimplementasikan tooltip di dalam XtraGrid menggunakan DevExpress ToolTip Controller
  1. Drag kontrol DevExpress ToolTip Controller
  2. Ubah properti ToolTipType menjadi SuperTip
  3. Untuk ToolTipAnchor, ToolTipLocation dan ToolTipStyle silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing
  4. Pilih form utama, kemudian ubah properti Title on TooltipController dan ToolTipInconType sesuai kebutuhan maisng-masing
  5. Masih pada form utama, ubah properti ToolTip on ToolTipController dengan informasi yang ingin ditampilkan

Dan berikut ini adalah hasilnya :
Cara Membuat Tooltip Keren di VB Net Menggunakan DevExpress Bagaimana, mudah sekali bukan ??

Anda bisa menerapkan contoh yang kami buat ini terhadap aplikasi yang sedang anda kembangkan, dan kami berharap anda serta pengguna aplikasi bisa mendapatkan manfaat dari penerapan kontrol ToolTip Control DevExpress tersebut.