20 Juli 2018

Cara Membuat Database dan Tabel MySQL Serta MariaDB

Di beberapa artikel sebelumnya kami sudah menulis satu hingga dua artikel yang membahas mengenai cara menghubungkan dan menampilkan data dari database MySQL dengan VB Net tanpa menjelaskan mengenai cara membuat database tersebut. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara membuat database dan tabel di MySQL serta MariaDB sesuai kapasitas kami sebagai penulis, baik penulis kode maupun sebagai penulis artikel.

Proses pembuatan database serta tabel MySQL dan MariaDB yang kami jelaskan ini diperuntukkan bagi anda yang baru mengenal database MySQL maupun MariaDB supaya lebih mudah memahami dan cepat dalam pembuatannya. Selain itu kami juga ingin menjelaskan bahwa tutorial ini dijamin bebas dari proses rumit seperti yang seringkali ditemui beberapa tahun silam, kenapa? Sebab pembuatan tabel serta database MySQL ini akan menggunakan aplikasi berbasis GUI yang berjalan di lingkungan 32 bit, yakni Heidi SQL.
Cara Membuat Database dan Tabel di MySQL dan MariaDB Mungkin anda bertanya kenapa tutorial ini melibatkan MariaDB ? Sebab kami menganggap tidak ada perbedaan yang kontras di antara kedua jenis database tersebut. Selain itu MariaDB juga dibuat oleh pihak yang sama dengan MySQL sehingga anda bebas mengaplikasikan tutorial ini, baik ketika membuat tabel MySQL maupun MariaDB.

HeidiSQL dipilih karena aplikasi ini bersifat open source dan mendukung beberapa jenis database, salah satunya MySQL, dan tentunya MariaDB.

Dan kami memastikan bahwa anda bisa membuat database serta tabel sederhana dalam hitungan kurang dari 5 menit jika menggunakan HeidiSQL. Hal ini jelas berbeda sekali jika anda menggunakan command prompt, selain itu juga tentunya proses pembuatan database menggunakan HeidiSQL ini akan meminimalisir resiko kesalahan dan kegagalan, karena seperti kita ketahui sebuah kesalahan kecil (seperti salah mengetikkan perintah) di command prompt akan menyebabkan kita mengulang kembali perintah tersebut dari awal.

Cara Membuat Database dan Tabel MySQL serta MariaDB Menggunakan HeidiSQL

Untuk membuat database dan tabel MySQL serta MariaDB menggunakan HeidiSQL ini sangat cepat, tapi sebelumnya silahkan download HeidiSQL kemudian instal di komputer anda. Jangan lupa untuk menginstall MySQL server serta MariaDB server kemudian ikuti panduan berikut ini :
  • Buka HeidiSQL, kemudian masukkan informasi login (sesuaikan dengan info ketika anda menginstal MySQL maupun MariaDB) untuk mengakses server database. Dalam contoh kali ini kami mengakses server MariaDB
Cara Membuat Database dan Tabel di MySQL dan MariaDB
  • Kita akan membuat sebuah database bernama dbbaru, maka klik kanan pada root folder, pilih Create new -> Database, isi nama database dengan dbbaru kemudian klik OK
Cara Membuat Database dan Tabel di MySQL dan MariaDB
Cara Membuat Database dan Tabel di MySQL dan MariaDB
  • Putuskan koneksi kemudian login kembali dan pastikan sebelum login database yang dibuat sebelumnya ada di combobox Databases kemudian klik Open
Cara Membuat Database dan Tabel di MySQL dan MariaDB
  • Klik kanan pada database yang baru kita buat, pilih Create new -> Table, isi nama table (misalnya barang) kemudian klik tombol Add berwarna hijau untuk membuat field/beberapa field yang dibutuhkan misalnya dalam kasus ini kami memasukkan id,kodebarang,namabarang dan hargabarang. Dalam contoh ini kita akan membuat field id dengan tipedata INT, kodebarang dan namabarang dengan jenis data CHAR dan hargabarang dengan INT. Setelah selesai silahkan tekan Save
Cara Membuat Database dan Tabel di MySQL dan MariaDB
  • Selesai
Jika anda melakukan tahapan di atas secara teliti, maka anda sudah sukses membuat database dan tabel sederhana di server yang anda koneksikan, baik itu MySQL maupun MariaDB. Database ini kemudian bisa anda tampilkan data (record-record)-nya di aplikasi yang dibuat dengan VB Net.

Tanya Jawab :

T : Apakah database MySQL dan MariaDB yang dibuat dengan HeidiSQL ini bisa di akses menggunakan phpmyadmin, xamp, wamp atau lamp ?
J  : Bisa

T : Kenapa memilih HeidiSQL ? Kenapa tidak menggunakan cmd ?
J  : Seorang pembuat aplikasi harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Jika database bisa dibuat lebih cepat dan mudah, kenapa tidak ?!

T : Kenapa lebih memilih menggunakan HeidiSQL daripada PHPMyAdmin ?
J  : Efektifitas waktu, segmentasi pekerjaan, minimalisasi error, efektifitas waktu dan faktor kepraktisan adalah beberapa hal penting yang semestinya diprioritaskan ketika mengembangkan aplikasi.

T : Apakah database yang dibuat bisa di ekspor (dump) menjadi single file ?
J  : Bisa, bahkan bisa di ekspor menjadi multiple file

Semoga artikel ini bermanfaat, terutama untuk anda yang sedang mencari referensi mengenai cara membuat database serta tabel di MySQL dan MariaDB.