30 Juli 2018

Cara Mengatasi Error 28000 Ketika Mengeksekusi SQL Script

Kurang lebih 1 bulan ke belakang penulis merilis Aplikasi Pendaftaran Pasien 18.8 untuk publik, kami merasa senang karena bisa menyelesaikan proyek tersebut sebelum jatuh tempo, selain itu rasa senang kami pun semakin bertambah ketika melihat respon para pengguna yang begitu tinggi dan antusias.

Namun dibalik kebahagiaan tersebut, penulis mengalami beberapa 'momen kurang menyenangkan', yakni ketika mendapat beberapa info dari para pengguna yang mengalami error 28000 ketika menginstal Aplikasi Pendaftaran Pasien 18.8.

Tak butuh waktu lama, penulis pun kemudian melakukan pengujian di 3 unit laptop dengan 9 sistem operasi berbeda, dari mulai Windows XP, 7, 8/8.1 dan 10. Dan penulis merasa heran karena aplikasi pendaftaran pasien bisa di instal tanpa menemukan satu pun hambatan.
Cara Mengatasi Error 28000 Ketika Mengeksekusi SQL Script Karena penasaran, akhirnya kami terjun langsung menemui user yang lokasinya tidak begitu jauh dari tempat tinggal kemudian melakukan proses installasi, dan ternyata benar, aplikasi pendaftaran pasien tersebut mengalami error 28000 ketika tahap instalasi mencapai progress 97-98%.

Dengan rasa penasaran yang tinggi karena didasari oleh alasan kuat bahwa kami bisa menginstall aplikasi tersebut secara lancar di laptop-laptop kami sebelumnya, maka kami melakukan investigasi pada komputer user terlebih dahulu. Proses investigasi dilakukan dengan menonaktifkan User Account Control, Windows Firewall dan Antivirus, install ulang MariaDB, membersihkan registry, restart komputer dan pengaturan jaringan. Akan tetapi semua itu tidak membuahkan hasil, Aplikasi Pendaftaran Pasien 18.8 tetap tidak mau di install dengan alasan yang sama, Error 28000.

Karena ingin membantu para pengguna aplikasi, akhirnya penulis memindahkan kecurigaan kepada kode sumber Aplikasi Pendaftaran Pasien, proses pemeriksaan dilakukan pada modul yang menghubungkan aplikasi dengan MariaDB server, kami juga membuat beberapa sampel aplikasi. Dan akhirnya penulis menemukan masalahnya, sebuah masalah yang sebenarnya sangat sepele sekaligus tidak logis. Masalah yang menyebabkan terjadinya Error 28000 tersebut adalah jumlah dan gaya karakter (huruf) yang digunakan sebagai password untuk mengakses MariaDB server.

Kami pun mengubah password yang sebelumnya termasuk kategori sangat aman menjadi password dengan tingkat kesulitan low-mid, meskipun kami menyadari bahwa pengubahan password tersebut seperti memberikan kesempatan kepada pihak-pihak yang usil untuk mengakses database.

Note 1 : Password ini berada di dalam connection string yang berada di sebuah modul. Untuk rekan-rekan yang melakukan proses koneksi secara manual untuk setiap proses koneksi, maka cara memperbaikinya pun akan dilakukan beberapa kali.

Note 2 : Proses perbaikan ini bisa diaplikasikan untuk beberapa database server yang saat ini beredar seperti MySQL, MariaDB, SQL Server, Oracle, PostgreSQL, SQLite, Amazon AWS, Google Cloud, Oracle Cloud, Microsoft Azure dan Alibaba Cloud.

Jadi untuk rekan-rekan pengembang yang kebetulan mengalami error 28000 ketika mengeksekusi SQL script kami menyarankan beberapa hal berikut untuk memperbaikinya :
  1. Gunakan password database dengan lowercase
  2. Pastikan password tidak mengandung karakter aneh seperti asterisk (*) maupun 'karakter aneh' lainnya
  3. Pastikan juga password yang digunakan tidak lebih dari 15 karakter
Dari 3 poin di atas, timbul pertanyaan "Apakah SQL script bisa berjalan dengan baik jika melakukan 3 langkah di atas?"

Well, kami sebagai penulis sendiri sebenarnya masih melakukan observasi mengenai 3 poin tersebut, kenapa ?

Sebab aplikasi yang lain seperti Rekam Medik Professional banyak digunakan dan bisa di install serta belum ada yang melaporkan atau mengeluh mengenai Error 28000 tersebut meskipun menggunakan connection string yang 100% identik. Aneh sekali bukan ?

Tetapi jika saat ini anda ingin aplikasi anda bisa terhubung dengan baik tanpa terkendala oleh Error 28000 tersebut, kami persilahkan untuk mencobanya. Terlepas apakah ini error (bugs) di MySQL ataupun error dalam penulis kode aplikasi, sebagai pengembang kita harus tanggap dalam mengadopsi keluhan para pengguna aplikasi, karena feedback dari pengguna adalah sesuatu yang sangat bernilai untuk progress di masa depan.

Itulah secuil pengalaman kami ketika menghadapi sekaligus memperbaiki Error 28000 ketika menginstall aplikasi sekaligus mengeksekusi SQL script. Semoga pengalaman ini bisa menjadi pengalaman dan informasi berharga untuk rekan-rekan semuanya.