28 Juli 2018

Cara Membuat Menu Popup Dengan VB Net dan DevExpress

Setelah membahas mengenai cara membuat tooltip keren, dalam artikel ini kami akan menjelaskan mengenai cara membuat menu popup menggunakan VB Net dan DevExpress. Tapi sebelum melanjutkan, kami ingin membahas mengenai pengertian menu popup.

Menu popup adalah menu yang tampil ketika user melakukan klik kanan di area tertentu, area disini adalah area yang menjadi bagian dari sebuah kontrol. Menu popup yang ditampilkan bisa berisi beberapa perintah maupun deskripsi berupa teks maupun gambar yang ditujukan untuk mempermudah user dalam menggunakan aplikasi.
Cara Membuat Menu Popup Dengan VB Net dan DevExpress Proses pembuatan menu popup dalam tutorial ini akan melibatkan Visual Studio 2013 Ultimate, DevExpress 18, MariaDB dan proyek yang digunakan di artikel sebelumnya,  yakni cara menampilkan datarecord MySQL di XtraGrid. Sedangkan kontrol yang akan digunakan adalah PopupMenu dan BarManager.

Berikut ini adalah cara membuat menu popup di VB Net menggunakan kontroller PopupMenu dan BarManager DevExpress :
  1. Buka proyek latihan yang pernah kami share
  2. Seret dan letakkan kontrol PopupMenu dan BarManager
  3. Klik kanan pada kontrol PopupMenu dan pilih Run Designer
  4. Masukkan beberapa button dengan memilih tombol [Add], kemudian pilih Close
Cara Membuat Menu Popup Dengan VB Net
Selanjutnya silahkan sesuai tampilan ikon setiap button dengan memilih properti ImageOptions dan gunakan ikon yang tersedia di library DevExpress Gallery.
Membuat Menu Popup Dengan VB Net
Proses pembuatan popup menu sudah selesai, sekarang kita akan mencoba menampilkan menu tersebut di dalam XtraGrid. Untuk menampilkannya, silahkan gunakan kode berikut ini pada general prosedur :
Imports DevExpress.XtraGrid.Views.Grid
Imports DevExpress.XtraGrid.Views.Grid.ViewInfo
Dan kode ini untuk menghandle event PopUpMenuShowing pada XtraGridView:
Dim XView As GridView = CType(sender, GridView)
Dim HitInfo As GridHitInfo = XView.CalcHitInfo(e.Point)
If HitInfo.InRow Then
XView.FocusedRowHandle = HitInfo.RowHandle : Popup_Mnu.ShowPopup(GridControl1.PointToScreen(e.Point))
End If
Kode lengkapnya seperti di bawah ini :
Cara Membuat Menu Popup Dengan VB Net dan DevExpress Selanjutnya silahkan jalankan aplikasi anda kemudian lakukan klik kanan di sembarang area yang masih menjadi bagian dari XtraGrid. Jika anda mengikuti panduan ini dengan seksama, maka seharusnya anda akan mendapatkan tampilan menu popup seperti ini :
Menu Popup Dengan VB Net dan DevExpress Bagaimana? Mudah sekali bukan ? Kami harap anda bisa mengaplikasikan tutorial ini kedalam aplikasi yang sedang anda kembangkan saat ini sehingga pengguna aplikasi anda bisa mendapatkannya kemudahan serta benefit positif.

Terima kasih sudah menyimak artikel dari kami berisi tutorial mengenai cara membuat menu popup menggunakan DevExpress dan VB Net ini, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dan silahkan simak panduan lainnya yang kami sajikan di website sederhana ini.