16 Oktober 2017

5 Rendang Alternatif Penggugah Selera Makan

Dulu, sewaktu masih bekerja sebagai kuli di salah satu pabrik yang terletak di kawasan Tangerang, kami sangat suka menjadikan masakan Padang sebagai santapan saat istirahat kerja, lauk favorit kami waktu itu adalah rendang daging sapi.

Dan kebiasaan kami tersebut semakin menjadi ketika menjalin kisah cinta bersama seorang gadis Minang super cantik yang kini katanya sebentar lagi akan melangsungkan pernikahan, pedas sekali memang menerima kenyataan tersebut, tapi itulah hidup, sepedas apapun hidup tetap tidak akan senikmat pedasnya bumbu rendang.

Dan untuk sedikit mengenang masa-masa super dahsyat bersama sang bidadari, kami akan membahas mengenai rendang, tapi bukan rendang dari tanah Minang, melainkan rendang yang menggunakan bahan alternatif selain daging sapi. Tidak usah khawatir, sebab jenis rendang yang akan kami bahas sebentar lagi tidak kalah hebat dari rendang Padang.

Berikut ini adalah 5 jenis rendang alternatif yang akan membangkitkan selera makan anda :

Rendang Lokan

Rendang lokan menggunakan kerang sungai sebagai bahan utama. Lokan sendiri merupakan sejenis kerang yang hidup di sepanjang aliran sungai di daerah Padang.
Rendang Lokan
Rendang lokan sangat lezat dan sehat untuk dikonsumsi, selain itu juga tidak mengandung banyak lemak sebagaimana rendang daging sapi.

Kelebihan rendang lokan adalah mengandung kadar protein yang tinggi. Rendang Lokan diolah menggunakan teknik yang sama seperti membuat Rendang Maco, yakni dengan cara mencampurkan kerang ke dalam bumbu dan rempah yang sudah matang.

Anda bisa mendapatkan sekaligus mencicipi Rendang Lokan secara mudah di Rumah Makan Padang terdekat di kota anda.

Rendang Maco

Rendang Maco merupakan salah satu jenis rendang yang masih berasal dari Ranah Minang. Bahan utamanya adalah ikan asin yang dimasak kemudian dimasukkan kedalam racikan bumi ketika santan sudah mengental, pekat dan menghitam.
Rendang Maco
Harga Rendang Maco lebih ekonomis dari Rendang Sapi, anda bisa mencicipi Rendang Maco di tempat makan yang berada di daerah Sumatera Barat tanpa harus merasa takut dengan kadar lemak atau kolesterol yang tinggi.

Rendang Pakis

Pakis adalah sejenis tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran, tanaman ini banyak tumbuh di berbagai kota, termasuk Padang.
Rendang Pakis
Pakis sering dibuat rendang karena menyehatkan sekaligus mengandung oksidan tinggi yang bermanfaat untuk menteralisir racun berbahaya serta radikal bebas.

Rendang pakis diolah dengan cara dimasukkan kedalam semua bumbu dan rempah yang sudah matang.

Rendang Ayam

Pengolahan rendang ayam tidak jauh berbeda dengan rendang daging sapi, yang membedakan hanyalah bahan utama yang menggunakan daging ayam.
Rendang Ayam
Bumbu dan rempahnya pun tidak jauh berbeda dengan yang digunakan untuk membuat rendang sapi.

Anda bisa mendapatkan rendang ayam di rumah makan Padang di kota anda, atau jika ingin mencicipi rasa yang lebih khas, anda bisa datang langsung ke Sumatera Barat.

Rendang Bebek

Bumbu dan rempah serta cara pengolahan rendang bebek tidak jauh berbeda dengan rendang ayam maupun rendang sapi.
Rendang Bebek
Daging bebek direbus terlebih dahulu hingga empuk sebelum dimasukkan dan dimasak ulang bersama rempah dan bumbu lainnya.

Rendang bebek bisa ditemukan secara mudah di rumah makan Padang maupun tempat makan lain di sekitar anda.

So, itulah 5 jenis rendang alternatif yang bisa menggugah selera makan anda. Terima kasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.