11 Oktober 2017

Cara Menggoreng Ikan Supaya Tidak Lengket di Wajan

Sebagai seseorang yang suka makan, saya menyempatkan diri untuk mempelajari cara memasak supaya masakan tersebut tetap halal, sehat, higienis, bergizi, terasa enak di lidah serta membuat perut berhenti melakukan demo.

Dari sekian banyak jenis lauk yang kami sukai, ada salah satu yang sering kami prioritaskan, yakni ikan. Dan berdasarkan pengalaman, cara mengolah (memasak) ikan ini sangat beragam, salah satunya dengan cara di goreng. Tapi tahukah anda bahwa menggoreng ikan itu bukan sebuah aktifititas yang mudah, terutama jika anda ingin mempertahankan tekstur dan citarasa ikan tersebut.

Hampir semua ikan memiliki lapisan luar yang licin, dan lapisan inilah yang membuat para ibu rumah tangga seringkali harus kerepotan di dapur. Kerepotan tersebut karena lapisan licin yang ada pada ikan akan menyebabkan ikan lengket di wajan, belum lagi cipratan minyak yang pastinya akan membuat siapapun agak sibuk menggorengnya.
Ikan yang lengket ketika di goreng akan menjadi tidak berbentuk dikarenakan dagingnya menempel di permukaan wajan, bahkan akan membuat gosong dikarenakan daging ikan yang menempel akan membuat minyak menjadi keruh.

Jadi,...bagaimana sih caranya menggoreng ikan supaya tidak lengket di wajan ? Yuk simak tipsnya berikut ini :

Gunakan wajan datar. Menggunakan wajan dengan permukaan datar akan membantu anda untuk menghemat minyak sehingga tidak banyak minyak yang terbuang setelah anda selesai memasak ikan.

Taburkan sedikit garam ke atas wajan. Garam yang dicampur ke minyak terbukti bisa mencegah ikan lengket di atas permukaan wajan.

Gunakan minyak seperlunya. Tuangkan minyak secara bertahap dari pinggir wajan hingga dirasa benar-benar bisa menggenangi ikan, kemudian miringkan wajan hingga minyak merata di permukaan wajan. Tunggu hingga minyak benar-benar mendidih, kemudian masukkan ikan yang akan di goreng. Angkat ikan yang digoreng secara perlahan supaya minyak dapat mengitari ikan secara merata.

Jika menggunakan wajan cekung, silahkan panaskan minyak di alat lain kemudian tuangkan pada penggorengan ikan. Gunakan minyak yang dirasa cukup untuk "menenggelamkan" ikan ketika di goreng.

Demikian cara menggoreng ikan supaya tidak lengket di wajan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di kesempatan lainnya.