11 Oktober 2017

Cara Menggoreng Singkong Dengan Tekstur Super Crispy

Aku suka singkong, kau suka keju. Singkong merupakan salah satu tanaman di Indonesia yang banyak dijumpai di hampir semua provinsi, bahkan saking populernya, ada beberapa daerah yang menjadikan singkong sebagai makanan utama setelah nasi, misalnya di Yogyakarta.

Tapi saya tidak akan membahas mengenai masalah tersebut, tapi akan mengupas mengenai cara menggoreng singkong dengan tekstur super crispy dan gurih.

Singkong sangat cocok dijadikan sebagai teman ngopi di pagi hari, apalagi di tempat bercuaca dingin. Dan aktifitas ngopi tersebut akan semakin terasa ketika kita menyantap singkong yang gurih, renyah tapi lembut di bagian dalam.
Cara Menggoreng Singkong Dengan Tekstur Super Crispy
Berikut ini adalah tahapan membuat singkong goreng yang memiliki tekstur super crispy :

Pilih dan gunakan singkong yang berkualitas. Tekstur crispy dari singkong goreng akan bisa kita peroleh jika kita pintar memilih singkong yang berkualitas.

Singkong yang berkualitas bisa diketahui dengan mudah, caranya adalah dengan menancapkan kuku, bila kuku mudah menancap, maka bisa dipastikan bahwa singkong tersebut memiliki kualitas yang baik dan akan menghasilkan tekstur crispy ketika disantap.

Rebus terlebih dahulu sebelum digoreng. Setelah memilih singkong yang berkualitas, selanjutnya adalah mengupas singkong tersebut, kemudian potong sesuai dengan selera, terakhir....jangan lupa untuk merebusnya terlebih dahulu kurang lebih 30 menit hingga bagian luar singkong berubah warna menjadi agak transparan, jangan lupa untuk menambahkan garam sesuai selera ke dalam air yang digunakan untuk merebus kemudian tiriskan hingga mengering.

Goreng singkong dalam wajan cekung. Wajan cekung lebih cocok digunakan untuk menggoreng singkong, jangan lupa gunakan minyak yang masih utuh (bukan jelantah) secukupnya hingga benar-benar bisa merendam singkong yang di goreng. Jangan biarkan ada permukaan singkong yang tidak terendam minyak ketika menggorengnya. Aduklah singkong, jangan menggoreng singkong dengan metode dua kali bolak balik. Pengadukan dimaksudkan untuk menjaga tekstur dan citarasa singkong tetap terjaga secara merata.

Bagaimana, mudah sekali bukan ?

Demikian tips dari saya mengenai cara menggoreng singkong yang akan menghasilkan tekstur super crispy, semoga tips kali ini bisa memberikan tambahan informasi, wawasan dan ide untuk kita semua. Amin.