8 Agustus 2017

Cara Mengatasi Bad Sector Pada Harddisk

Mengatasi bad sector pada harddisk bukanlah sebuah hal yang mudah dilakukan, terutama oleh mereka yang tidak familiar atau tidak terbiasa melakukan perbaikan terhadap komputer.

Kerusakan pada harddisk pada bad sector merupakan mimpi buruk bagi setiap pengguna komputer, apalagi jika di dalam harddisk tersebut terdapat data yang sangat berharga. Jika sudah begini biasanya kita baru menyadari pentingnya melakukan backup data yang selama ini diabaikan.

Tapi jangan khawatir, sebab dalam kesempatan kali ini kita akan melakukan perbaikan terhadap bad sector. Perlu diperhatikan bahwa metode yang kami jelaskan ini bisa dilakukan dengan syarat komputer anda masih bisa melakukan booting secara normal dari harddisk.

Sebelum melanjutkan, silahkan simak juga penjelasan kami mengenai 5 penyebab kerusakan pada harddisk komputer, laptop, playstation, xbox dan perangkat lainnya.
Cara Mengatasi Bad Sector Pada Harddisk

Cara Mengatasi Bad Sector Mengatasi Bad Sector Pada Harddisk Menggunakan CHKDSK

Metode perbaikan ini akan menggunakan sebuah tool bawaan dari Microsoft Windows, yakni CHKDSK. Metode ini bisa digunakan mulai dari Windows 98 hingga Windows 10.

Berikut adalah cara memperbaikinya :
  • Buka command prompt
  • Jika anda ingin memperbaiki semua partisi, silahkan ketik chkdsk /f /r kemudian tekan Enter
  • Jika anda ingin memperbaiki bad sector pada partisi tertentu, misalnya C, silahkan ketik chkdsk /f /r kemudian tekan Enter
  • Setelah menekan Enter, konfirmasikan proses perbaikan dengan menekan Y kemudian tekan lagi Enter
  • Silahkan restart komputer anda dan biarkan komputer melakukan proses scanning untuk menemukan lokasi sektor yang rusak pada harddisk sekaligus "memperbaikinya"
  • Proses ini lumayan membutuhkan waktu yang lama, apalagi jika harddisk anda berukuran besar
Bagaimana, mudah sekali bukan ? Harap dicatat bahwa kesuksesan metode perbaikan bad sector ini sangat ditentukan oleh parah dan tidaknya kerusakan pada harddisk. Jika bad sector pada harddisk sudah sangat parah, maka biasanya tidak ada jalan lain selain mengganti harddisk tersebut dengan yang baru.

Demikian penjelasan kami mengenai cara mengatasi bad sector pada harddisk, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Amin