19 Agustus 2017

5 Penyebab Komputer Terinfeksi Virus, Malware dan Trojan

Menurunnya kinjera komputer bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena aplikasi jahat seperti virus. Tapi tahukah anda bagaimana virus bisa menginfeksi sebuah komputer? Jika anda belum tahu, yuk mari simak pembahasannya bersama kami.

Sebelumnya kami ingin meluruskan terlebih dahulu beberapa mitos yang berhubungan dengan virus komputer.

Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa virus komputer itu sebagai sesuatu yang tidak jauh berbeda dengan virus yang sering menjangkiti tubuh manusia. Padahal virus komputer bukanlah seperti itu, melainkan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrogramman tertentu seperti Visual Basic dan Borland Delphi.
Virus komputer juga tidak menyebar melalui udara seperti virus yang berjangkit di dalam tubuh manusia, melainkan menyebar melalui berbagai cara, misalnya melalui media penyimpanan portabel seperti flashdisk dan kepingan CD/DVD-Rom.
5 Penyebab Komputer Terinfeksi Virus
Perlu digarisbawahi juga bahwa virus komputer tidak akan aktif jika sebelumnya tidak di eksekusi oleh kita sebagai pengguna komputer. Jadi intinya virus itu seperti seekor ular, dia tidak akan menyerang jika kita tidak "membangunkannya".

Lalu bagaimana bisa komputer kita terinfeksi virus? Yuk mari simak pembahasannya bersama-sama.

Sembarangan membuka attachment (lampiran) di email. Meskipun pengguna komputer di Indonesia belum begitu benar-benar memahami jenis file yang dilampirkan bersama email bahkan sangat jarang menggunakan email untuk berkomunikasi, akan tetapi kondisi seperti itu justru dimanfaatkan sebagai salah satu metode untuk melancarkan tujuan jahat, salah satunya menyusupkan virus.

Bagaimana virus menginfeksi komputer lewat email attachment? Prosesnya seperti ini :
  1. Penyerang mengirimkan email dengan subjek dan pesan email yang " mengundang" klik (download) terhadap attachment.
  2. Karena tertarik, pengguna akan mendownload (mengunduh) attachment.
  3. Setelah attachment terunduh, rasa penasaran pengguna belum habis karena belum membuka attachment. Dan tindakan double click pada atachment yang sudah di download merupakan penyelesaian rasa penasaran yang justru membuat komputer terinfeksi.
Sembarangan mendownload dan menginstall software. Para pengguna komputer yang sering mengunduh aplikasi (software) dari internet tentunya lebih riskan terhadap serangan virus.

Bahkan orang yang sudah memiliki pemahaman lumayan baik tentang komputer pun seringkali susah membedakan antara aplikasi yang "bersih" dan aplikasi yang "ditumpang aplikasi jahat" atau "mengandung potongan kode jahat".

Salah satu contohnya adalah pengguna komputer yang mengunduh bad patch atau keygen. Mereka yang sering mengunduh aplikasi seperti itu memiliki peluang lebih besar untuk terinfeksi virus dibandingkan dengan yang jarang atau tidak pernah mengunduh aplikasi seperti itu.

Para pembuat virus juga seringkali " memodifikasi" aplikasi-aplikasi populer kemudian menyisipkan beberapa baris kode jahat sebelum mereka mengcompile dan mendistribusikan aplikasi tersebut.

Contoh lainnya adalah menyisipkan aplikasi tambahan ke dalam aplikasi tertentu, anda bisa dengan mudah aplikasi seperti itu ketika menginstall aplikasi downloader bodong yang tidak memiliki reputasi baik.

Menggunakan software bajakan. Software bajakan (misalnya sistem operasi Windows) yang di download dari situs peer 2 peer sangat berpeluang ditumpangi oleh virus dan aplikasi jahat lainnya.

Jika anda memang berniat mengunduh suatu software, kami sarankan untuk mengunduhnya dari website resmi vendor pembuat software yang bersangkutan.

Kenapa software bajakan rentan menyebabkan komputer terinfeksi virus? Sebab software bajakan itu biasanya sebelum didistribusikan akan melalui proses patching. Dan banyak sekali proses patching tersebut yang sengaja dijadikan sebagai cara untuk melakukan inject kode jahat bahkan menanamkan virus.

Tidak bisa mengendalikan rasa penasaran. Tingginya rasa penasaran para pengguna komputer merupakan salah satu penyebab paling besar yang membuat komputer mereka terinfeksi.

Tahukah anda bahwa sebesar apapun serangan aplikasi jahat seperti virus sebenarnya bisa ditangani jika anda bisa mengendalikan rasa penasaran anda.

Peristiwa menyebarnya ransomware akhir-akhir ini merupakan salah satu kondisi yang disebabkan oleh besarnya rasa kepenasaran. Kenapa kami berkata seperti itu ? Sebab ransomware, malware, trojan dan virus tidak akan aktif jika kita tidak memberikan celah untuk masuk.

Mungkin itu penjelasan dari kami mengeni beberapa alasan kenapa komputer kita terinfeksi oleh virus. Semoga apa yang kami bagikan kali ini bisa memberikan tambahan informasi, wawasan, pengetahuan dan pengalaman. Amin.