8 Agustus 2017

5 Penyebab Kerusakan Pada Harddisk Komputer

Harddisk pada desktop PC, laptop, Playstation, XBOX dan video recorder merupakan sebuah komponen (hardware) yang sangat vital keberadaannya sekaligus sangat rentan terhadap kerusakan jika kita tidak memberikan perhatian dan perawatan yang benar.

Kerusakan pada harddisk memang bukan sebuah hal aneh, akan tetapi bisa menjadi sebuah hal yang aneh jika harddisk tersebut rusak dalam periode pemakaian minimal 6 bulan. Kenapa ? Sebab para vendor harddisk menyatakan bahwa sebuah harddisk rata-rata memiliki siklus pemakaian minimal 3 tahun untuk bekerja secara normal.

Jadi jika harddisk anda mengalami kerusakan dalam waktu kurang dari 3 tahun, selamat !! sepertinya anda salah memilih ketika membeli harddisk, bisa jadi harddisk yang anda beli tersebut merupakan harddisk daur ulang atau stok gudang yang tidak terpakai dalam waktu lama.
10 Penyebab Kerusakan Pada Harddisk Komputer
Kerusakan pada harddisk juga tidak melulu hanya berupa harddisk bad sector saja, tetapi bisa juga dalam bentuk lain, misalnya terbakar atau terlindas kendaraan.

Lalu apa saja penyebab yang seringkali menyebabkan sebuah harddisk menjadi rusak ? Simak tips lengkap berikut ini :

1. Salah Membeli Harddisk

Berdasakan pengalaman kami selama hampir 18 tahun bergelut dengan komputer, kesalahan membeli harddisk merupakan salah satu penyebab utama kerusakan harddisk.

Ketika membeli harddisk merk apapun, sebaiknya hindari membeli harddisk yang membeli embel-embel Certified Repaired (lihat gambar).
10 Penyebab Kerusakan Pada Harddisk
Harddisk dengan atribut seperti itu merupakan harddisk yang cacat produksi kemudian di daur ulang supaya tetap bisa terjual atau bisa juga harddisk rusak yang diproduksi kembali dengan beberapa perbaikan sehingga vendor tidak mengalami kerugian besar.

Harap perhatikan juga kode warna pada bagian depan samping (atas) dari label yang berada di penampang (permukaan) harddisk.

Harddisk yang prima atau memiliki kualitas terjamin biasanya memiliki tanda berupa label dan nomor seri yang ditambahkan dengan kotak kecil berwarna orange.

Meskipun ini bukan sebuah keharusan, tapi kami sudah membuktikan sendiri bahwa harddisk yang awet itu memiliki ciri-ciri diatas, tetapi kami harap anda juga memahami bahwa keawetan harddisk tetap sangat ditentukan oleh perlakukan kita terhadap harddisk tersebut.

2. Pasokan Listrik Yang Tidak Stabil

Penyebab kedua yang menyebabkan harddisk rusak adalah tidak tersedianya pasokan listrik yang tidak stabil. Ada beberapa penyebab yang menyebabkan harddisk menjadi tidak stabil, antara lain :
  1. Pasokan listrik dari PLN tidak stabil
  2. Power supply dalam perangkat tidak bekerja sebagaimana mestinya
  3. Kabel power menuju harddisk berkualitas buruk
  4. Komponen pengatur daya di PCB harddisk mengalami gangguan
Pasokan listrik yang tidak stabil dan mengalir ke harddisk merupakan penyebab kedua yang membuat motor dan komponen bergerak di dalam harddisk menjadi cepat rusak.

Untuk mengatasi pasokan listrik yang tidak stabil tersebut, silahkan anda konsultasikan dengan pihak PLN dan pihak yang benar-benar memahami arus listrik di komputer, laptop, playstation atau perangkat lainnya.

3. Harddisk Sering Bergetar

Khusus untuk harddisk konvensional yang masih menggunakan motor, biasanya akan mengalami getaran ketika beroperasi atau digunakan.

Semakin tinggi RPM sebuah harddisk, maka getarannya akan semakin tinggi, terutama jika anda sering menggunakan aplikasi yang berat seperti aplikasi editing video.

Ketika memasang harddisk di casing, pastikan bahwa pemasangan tersebut bisa meredam getaran harddisk semaksimal mungkin. Selain itu juga pastikan bahwa komponen lain di dalam casing tidak menimbulkan getaran diluar batas toleransi.

Jika pekerjaan anda tidak membutuhkan komputer berkinerja tinggi, kami menyarankan anda menggunakan harddisk yang memiliki putaran rendah, misalnya 5400 RPM.

Situasi lain yang bisa membuat adalah perjalanan. Jika pekerjaan anda menuntut sebuah laptop disertai dengan mobilitas tinggi, kami menyarankan anda untuk menyimpan laptop tersebut di pangkuan anda daripada menyimpannya di tempat lain seperti di kursi mobil atau di bagasi pesawat/kereta api.

4. Harddisk Terkenan Tumpahan Air

Ketika beroperasi, sebuah harddisk tentunya membutuhkan listrik. Dan anda pasti sudah bisa menebak jika harddisk tersebut terkena tumpahan air.

Air merupakan sebuah media penghantar listrik, maka dari itu kami menyarankan anda untuk menjauhkan minuman atau benda cair lainnya ketika sedang berada di depan komputer.

5. Harddisk Pernah Terjatuh

Ketika membeli atau membawa harddisk atau perangkat yang didalamnya terdapat harddisk, pastikan bahwa harddisk/perangkat tersebut aman dari kejatuhan.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa harddisk merupakan sebuah komponen yang sangat rentan dengan getaran, jika harddisk tersebut terjatuh...maka kami bisa memastikan bahwa resiko besar sedang anda hadapi, bahkan bukan tidak mungkin anda harus membeli unit harddisk yang baru.

6. Bencana Alam

Meskipun kita sudah berusaha menjaga harddisk dari kerusakan seperti yang sudah kami jelaskan di 5 poin sebelumnya, akan tetapi kita seringkali lupa dengan penyebab yang satu ini, yaitu bencana alam.

Tanah longsor, banjir, gempa, angin topan dan kebakaran merupakan beberapa kejadian bencana yang bisa menyebabkan harddisk rusak.

Untuk situasi seperti ini sepertinya kami tidak bisa menjelaskan lebih dalam, sebab tidak ada yang tahu dengan pasti kapan bencana akan datang. Tapi kita bisa mempersiapkan diri dengan meletakkan harddisk atau perangkat yang memiliki harddisk dari "tempat yang aman dari bencana".