11 Juni 2017

5 Penyebab Umum Komputer Mati Mendadak

Jika anda sudah cukup lama menggunakan komputer, mungkin anda pernah mengalami sebuah kejadian dimana komputer yang anda gunakan tiba-tiba mati sendiri. Momen tersebut memang seringkali menimbulkan perasaan kesal, apalagi jika anda sedang mengerjakan pekerjaan yang sangat penting, misalnya sedang membuat skripsi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang sering menjadi penyebab komputer mati sendiri :
  • Hardware sudah tua
  • Pasokan listrik tidak stabil
  • Pasokan listrik dari PLN terputus
  • Terjadi korsleting pada komponen-komponen di dalam casing
Dan berikut ini adalah penjelasan lengkap dari poin-poin di atas :

Hardware Pembangun Komputer Sudah Tua atau Usang

Hardware komputer seperti motherboard dan power supply adalah 2 komponen yang seringkali menjadi penyebab utama komputer mati secara tiba-tiba.
Penyebab Umum Kenapa Komputer Mati Mendadak
Terjadinya hubungan singkat di dalam berbagai komponen elektronik dan sirkuit yang terdapat di motherboard adalah penyebab komputer mati secara mendadak.

Selain, moherboard...power supply yang sudah berusia lebih dari 1 tahun, sering digunakan memasok daya ke komponen lain dan seringkali mengalami penurunan atau lonjakan arus listrik serta jarang dibersihkan tentunya akan menyebabkan komputer mengalami beberapa masalah serius, salah satunya bisa menyebabkan komputer mati secara mendadak.

Untuk memastikan bahwa motherboard dan power supply masih bisa digunakan atau tidak, anda bisa mencoba memeriksa dan memperbaikinya sendiri. Tetapi jika anda tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki dua komponen tersebut, sebaiknya anda membawa dua hardware tersebut ke service center.

Pasokan Listrik Kedalam Power Supply Tidak Stabil

Ini adalah alasan kedua yang paling logis, sebab power supply bertindak sebagai pemasok sekaligus pengatur daya listrik sebelum mengalir ke hardware yang lain.

Power supply dalam komputer memiliki peranan sangat penting dan tidak boleh diremehkan. Dan jika komputer yang anda gunakan tiba-tiba mati, maka disarankan melakukan identifikasi terlebih dahulu terhadap power supply.

Pasokan Listrik Dari PLN Terputus atau Terhenti

Sebelum memeriksa power supply dan motherboard, sangat disarankan untuk memastikan terlebih dahulu bahwa sumber listrik dari PLN masih ada.

Jika pasokan listrik dari PLN masih ada, maka kecurigaan boleh dialihkan kepada power supply dan motherboard.

Sangat disarankan untuk meminta pegawai PLN langsung jika penyebab komputer mati mendadak disebabkan oleh adanya ganggung instalasi listrik di rumah anda, misalnya terjadi korsleting.

Terjadi Korsleting Diantara Komponen Hardware di Dalam Casing

Dikarenakan komputer tidak bisa "berdiri sendiri" alias terdiri dari berbagai macam hardware, maka kondisi tersebut sangat mungkin menyebabkan terjadinya korsleting.

Oleh sebab itu jika anda tidak bisa merakit atau membersihkan komputer sendiri, sebaiknya anda meminta bantuan dari pihak penyedia jasa reparasi komputer untuk memastikan tidak terjadi korsleting yang bisa menyebabkan komputer mati mendadak.

Demikianlah tips dari kami mengenai beberapa penyebab umum yang seringkali menjadi penyebab komputer mati secara mendadak atau tiba-tiba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.