11 Juni 2017

Cara Mengatasi Komputer Lemot dan Sering Hang

Sebelum menjelaskan cara mengatasi komputer yang lemot dan sering hang, terlebih dahulu kami akan menjelaskan mengenai beberapa kondisi yang seringkali menjadi penyebab komputer menjadi lambat yang pada akhirnya menghambat pekerjaan anda.

Berikut ini adalah beberapa penyebab komputer menjadi lambat dan sering error :
  1. Ada kerusakan pada hardware, terutama harddisk dan memori (RAM)
  2. Komputer terinfeksi virus, malware, trojan ataupun aplikasi jahat lainnya
  3. Menggunakan software bajakan
Dua poin di atas merupakan dua faktor penyebab utama komputer menjadi lemot, maka dari itu anda disarankan untuk melakukan tindakan berikut ini :

Gantilah Hardware Yang Menunjukkan Gejala Kerusakan

Hardware seperti harddisk dan memori merupakan dua buah komponen yang seringkali menjadi tersangka utama yang menyebabkan komputer menjadi lemot.
Mengatasi Komputer Lemot dan Sering Hang
Memori (RAM) yang sudah menunjukkan gejala kerusakan biasanya akan menyebabkan komputer mengalami BSOD (Blue Screen of Death), baik ketika komputer berada dalam proses booting maupun ketika sedang digunakan.

Ada dua pilihan ketika komputer lemot karena disebabkan oleh kerusakan memori, pertama adalah menggantinya dengan keping memori yang baru, atau memperbaikinya serta menambah kepingan tambahan. Pastikan bahwa anda memilih kepingan memori yang se-tipe, baik dari segi slot, clock maupun tegangannya untuk memastikan bahwa kepingan memori baru tersebut tidak menyebabkan permasalahan tambahan.

Begitu juga dengan harddisk, harddisk yang memasuki tahap kerusakan biasanya akan menyebabkan komputer menjadi sangat lemot. Hal ini bisa ditandai dengan lamanya proses booting, kegagalan proses booting, sebagian besar data/file tidak bisa di akses, data menjadi corrupt, dan yang paling parah adalah anda kehilangan semua data didalamnya.

Jika anda memutuskan untuk mengganti harddisk, pastikan anda benar-benar membeli harddisk yang kondisinya baru, bukan produk daur ulang, dan bukan produk cacat. Hal ini bertujuan supaya anda bisa mendapatkan performa komputer tanpa harus terlalu khawatir kehilangan data didalamnya.

Gunakan Antivirus Berlisensi

Jika komputer anda lemot karena terinfeksi oleh virus, malware, trojan, spyware maupun adware, maka solusi terbaik untuk saat ini adalah menggunakan antivirus yang berlisensi. Ataupun jika memang anda belum memiliki cukup dana untuk membeli lisensinya, maka anda bisa menggunakan antivirus gratisan maupun yang bersifat freeware.

Jangan lupa untuk membersihkan virus atau aplikasi jahat yang bersemayam di komputer anda melalui sebuah media recovery yang disediakan oleh produsen antivirus berupa kepingan CD atau DVD booting.

Kenapa anda harus membersihkan aplikasi jahat seperti virus komputer menggunakan protected media ? Sebab jika anda membersihkan virus di lingkungan 32 bit (sudah memasuki sistem operasi), maka kemungkinan proses pembersihan tersebut akan mengalami kegagalan karena virus atau aplikasi jahat akan menginfeksi antivirus, sehingga pada akhirnya antivirus pun tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Beberapa produsen antivirus ternama seperti Symantec, Kaspersky dan Avira memberikan solusi bagi anda yang ingin membersihkan komputer dari aplikasi jahat dengan bantuan CD/DVD recovery yang bisa di unduh gratis dari website mereka.

Hindari Menggunakan Software Bajakan

Software bajakan banyak sekali jenisnya, dari mulai sistem operasi hingga aplikasi tambahan seperti Microsoft Office.

Dengan memilih serta menggunakan software bajakan, maka secara tidak langsung anda "sudah memberi jalan" kepada berbagai aplikasi jahat untuk masuk untuk menginfeksi dan mengendalikan komputer anda.

Jika komputer anda lemot dan sering hang, silahkan tanya diri anda terlebih dahulu "Apakah anda menggunakan software bajakan?".