10 Juni 2017

Cara Mudah Mendeteksi Akun Facebook Palsu

Anda tentunya punya atau minimal pernah melihat kerabat anda mengakses salah satu website sosial media terbesar saat ini, yaitu Facebook. Tapi sayangnya Facebook seringkali digunakan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Ada banyak tindakan penipuan, propaganda, kampanye politik, bahkan perselingkuhan yang terjadi karena perantaraan Facebook. Dan untuk meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diharapkan seperti itu tentunya anda harus bisa membedakan akun Facebook yang pemiliknya dikenal atau tidak.

Dengan mengenal perbedaan antara akun Facebook yang asli dan tidak, maka anda sudah berusaha meminimalisir terjadinya kejadian diluar dugaan yang berpotensi merugikan anda, baik secara moril maupun materil.
Cara Mudah Mendeteksi Akun Facebook Palsu
Dan berikut ini adalah beberapa tips dari kami untuk membantu anda membedakan akun Facebook palsu dan asli :

Lihat User ID Akun Facebook Yang Anda Curigai Sebagai Akun Palsu

User ID adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi anda untuk menentukan keaslian akun Facebook.

Pemilik akun Facebook yang User ID-nya berupa angka seringkali dimiliki oleh orang iseng yang tidak serius memanfaatkan kelebihan dan layanan yang dimiliki oleh Facebook.

User ID akun Facebook bisa dilihat dari address bar browser yang anda gunakan.

Contoh akun Facebook yang dimiliki oleh orang yang memanfaatkan akun Facebook secara serius :

https://web.facebook.com/djadjaka.pasundan

Sedangkan dibawah ini adalah contoh akun Facebook yang biasanya dibuat oleh orang iseng dengan tujuan untuk melakukan tindakan spamming, menebar kebencian atau fitnah serta tujuan negatif lainnya :

https://web.facebook.com/profile.php?id=10001552888xxxx

Meskipun tidak semua akun Facebook palsu memiliki User ID berupa angka, akan tetapi kejanggalan seperti ini bisa anda gunakan sebagai salah satu alasan awal untuk berhati-hati sebelum berinteraksi dengan pemiliknya.

Sering Menyebab Berita Yang Tidak Benar Atau HOAX

Facebook merupakan "surga" bagi para spammer untuk menyebarkan berita yang belum atau bahkan tidak jelas kebenarannya, tidak jelas asal-usulnya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan sedikit pun.

Jika anda menjalin pertemanan dengan orang yang seringkali menebar berita bohong, baik itu berupa foto, video, tautan (link) atapun status lainnya, maka segeralah sediakan "payung" supaya anda bisa terhindar dari kejadian yang merugikan.

Itulah sedikit tips singkat dari kami mengenai cara mengidentifikasi akun Facebook palsu yang bersifat merugikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.