20 Juni 2017

Aplikasi Gratis Alternatif Pengganti Microsoft Office

Keberadaan Microsoft Office sebagai aplikasi penunjang produktivitas sudah begitu populer di kalangan pengguna komputer, bahkan saking terkenalnya banyak sekali tempat kursus yang membuka materi khusus tentang Microsoft Office.

Sebagai sebuah software yang banyak digunakan secara luas oleh pengguna komputer di seluruh dunia, Microsoft Office juga tentunya tidak lepas dari beberapa rumor negatif dan menyudutkan. Salah satu hal yang paling mudah ditemui adalah tidak lepasnya bug dari software ciptaan salah perusahaan Redmond ini.
Aplikasi Gratis Alternatif Pengganti Microsoft Office
Kehadiran bug dan lubang keamanan tersebut seringkali menjadi pertimbangan bagi para pengguna komputer untuk memilih aplikasi office alternatif dengan harapan bisa mendapatkan aplikasi yang lebih aman terhadap data dan komputer itu sendiri, dan tentunya bisa didapatkan secara gratis alias freeware.

Berikut ini adalah dua aplikasi gratis yang bisa anda jadikan sebagai pilihan alternatif dari Microsoft Office yang dijamin tidak akan membuat komputer anda menjadi lemot :

1. OpenOffice.Org

OpenOffice berkembang sangat pesat. Selain tersedia untuk platform Windows, OpenOffice juga tersedia bagi anda yang bekerja menggunakan sistem operasi Linux.
Aplikasi Gratis Alternatif Pengganti Microsoft Office
Dengan ukuran installer super ringan, anda bisa mendownload OpenOffice tanpa khawatir menyita kuota internet secara berlebihan.

Untuk anda yang terbiasa mengetik berbagai macam surat maupun tabel kompleks serta database menggunakan Microsoft Office, maka anda akan mendapatkan semua itu secara gratis ketika menggunakan OpenOffice.

Salah satu kelebihan OpenOffice yang tidak dimiliki oleh Microsoft Office adalah lisensinya yang bersifat gratis, sehingga anda bisa mendapatkan semua manfaat dan kelebihan OpenOffice tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Selain bebas biaya lisensi, anda juga akan dimanjakan dengan performa OpenOffice yang berjalan sangat smooth meskipun spesifikasi komputer anda masih termasuk lawas.

Antarmuka yang sederhana tapi tetap catchy dan mudah di navigasi adalah kelebihan lain yang membuat OpenOffice layak menjadi alternatif pertama dari Microsoft Office.

Lalu bagaimana jika saat ini anda sudah terlanjut menggunakan Microsoft Office 2007 atau versi lebih baru yang menggunakan format file baru ? Tidak usah khawatir, OpenOffice tetap bisa mengenali dan membuka file yang dibuat dengan Microsoft Office yang memiliki ekstensi docx, xlsx dan pptx.

OpenOffice terdiri dari beberapa sub aplikasi layaknya Microsoft Office yang didalamnya ada Microsoft Word, Excel dan lain-lain.

Dalam paket standar OpenOffice anda akan mendapatkan 6 aplikasi yang berfungsi layaknya Word, Excel, Powerpoint, Access, Equation Editor dan OpenOffice Draw.

2. Kingsoft Office

Alternatif kedua dari Microsoft Office adalah Kingsoft Office.
Aplikasi Gratis Alternatif Pengganti Microsoft Office
Versi awal dari Kingsoft Office terinspirasi dari ribbon menu-nya Office 2010 menjadikannya mendapatkan ketenaran dalam waktu yang singkat.

Dengan tampilan menu dan ikon yang nyaman di navigasi serta enak dipandang, Kingsoft Office akan menjadi sahabat anda ketika membuat surat, tabel maupun presentasi tanpa harus khawatir komputer akan terbebani dengan penggunaan sumber daya yang berlebihan.

Kingsoft Office terdiri dari Kingsoft Writer, Kingsoft Spreadsheet dan Kingsoft Presentation. Ketiganya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang selama ini dikerjakan menggunakan Microsoft Office.

Kompatibilitasnya dengan file yang dibuat menggunakan Microsoft Office pun tidak usah diragukan lagi. Itu artinya anda bisa membuka, mengedit dan mencetak file Office dengan Kingsoft Office.