10 April 2017

Cara Sederhana Mempercepat Kinerja Windows 7

Mempercepat kinerja windows 7 bisa dilakukan dengan cara melakukan tune-up terhadap hardware dan software.

Namun sebelum kami membahas mengenai beberapa tips untuk meningkatkan kinerja Windows 7, sebelumnya kami akan membahas mengenai beberapa penyebab Windows 7 menurun performanya.

1. Hardware Yang Digunakan Sudah Berusia Uzur

Perlu diketahui bahwa persyaratan minimal untuk hardware yang disebutkan oleh Microsoft selaku pembuat dan pengembang Windows 7 hanyalah kebutuhan minimal saja.

Itu artinya komputer tersebut tidak akan bekerja secara maksimal jika digunakan untuk kebutuhan lain yang menuntut komputasi relatif tinggi.

2. Driver Yang Tidak Up-To-Date

Driver hardware yang tidak up-to-date akan menyebabkan hardware tidak sanggup menyeimbangi permintaan Windows 7 secara maksimal.
Cara Sederhana Mempercepat Kinerja Windows 7
Perlu diketahui bahwa untuk Windows 7 yang rutin mendapatkan dan melakukan update secara otomatis akan membutuhkan hardware dengan driver yang terbaru juga.

Meskipun sebagian besar update Windows 7 akan menyertakan driver terbaru, namun driver tersebut tidak menyertakan driver untuk keseluruhan driver.

Jika sudah begitu, maka anda perlu mengunjungi website vendor yang bersangkutan untuk mendapatkan driver terbar.

3. Beban Kerja Yang Berlebihan

Hardware dan software di dalam komputer memiliki kemampuan kerja yang terbatas, dan kita sebagai pengguna harus mengetahui hal tersebut.

Akan sangat bijaksana jika anda melakukan upgrade hardware jika anda menginginkan "hal lebih" dari komputer yang menjalan Windows 7 sebagai sistem operasinya.

Itu adalah 3 poin utama yang seringkali menyebabkan kinerja Windows 7 melambat secara perlahan.

Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk mempercepat atau meningkatkan kinerja Windows 7 :

A. Buang Aplikasi dan Service Yang Tidak Dibutuhkan Dengan Msconfig atau Regedit

Jika anda ingin kinerja Windows 7 tetap optimal, segera buang aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan supaya tidak berjalan secara otomatis ketika komputer selesai melakukan booting.

Untuk menonaktifkan berbagai aplikasi yang tidak dibutuhkan tersebut, silahkan tekan kombinasi tombol Windows + R, kemudian ketikkan msconfig atau regedit di kotak Run.
Mempercepat Kinerja Windows 7
Mempercepat Kinerja Windows 7
Msconfig dan Regedit merupakan dua buah sistem tools sederhana bawaan Windows yang memiliki manfaat sangat besar untuk menjaga dan meningkatkan kinerja Windows 7.

1. Cara Meningkatkan Kinerja Windows 7 Dengan Msconfig

Mempercepat Kinerja Windows 7
Buka Msconfig dengan mengikuti langkah (A) di atas, kemudian pilih Startup Item yang ingin dinonaktifkan ketika proses booting selesai dengan menghilangkan tanda centang.

Aplikasi yang dinonaktifkan disini sebenarnya tidak akan membuat komputer atau laptop anda gagal masuk desktop, namun sebaiknya biarkan aplikasi seperti antivirus tetap berjalan supaya komputer anda tetap aman dari serangan berbagai aplikasi jahat.

2. Cara Meningkatkan Kinerja Windows 7 Dengan Regedit

Regedit bisa diakses dengan melihat langkah (A) yang kami sebutkan di atas.
Mempercepat Kinerja Windows 7
Setelah Regedit terbuka, silahkan navigasi (gerakkan) mouse anda ke path berikut ini :

HKEY_Local_Machine\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run dan
HKEY_Current_User\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
HKEY_Local_Machine\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
Di kedua path tersebut anda bisa menemukan entri di sebelah kiri yang isinya merupakan aplikasi yang berjalan secara otomatis setelah komputer atau laptop selesai melakukan booting.

Jika anda menginginkan kinerja Windows 7 tetap berjalan dengan baik, silahkan hapus aplikasi yang berada di sebelah kiri dengan melakukan klik kanan pada aplikasi yang bersangkutan, kemudian klik delete. Atau bisa juga dengan memilihnya menggunakan klik kiri mouse, kemudian tekan Delete pada keyboard.
Mempercepat Kinerja Windows 7

B. Defragmentasi Harddisk Anda Minimal Seminggu Sekali

Jika aktivitas anda menggunakan komputer terbilang tinggi dan sering melibatkan file dengan jumlah dan ukuran yang relatif banyak, maka lakukanlah proses defragmentasi terhadap harddisk maupun media lain yang sering digunakan.

Gunakanlah aplikasi seperti Disk Defragmenter bawaan Windows 7, Auslogics Disk Defrag atau Defraggler supaya file-file di harddisk anda tertata rapi dan lebih cepat di akses.
Mempercepat Kinerja Windows 7
Download Defraggler

Proses defragmentasi harddisk akan membantu anda menjaga dan meningkatkan performa atau kinerja Windows 7, sehingga anda tetap bisa bekerja tanpa harus terganggu oleh komputer yang lemot.

C. Upgrade Hardware Komputer Yang Sudah Jadul

Hardware (perangkat keras) utama yang berkontribusi terhadap performa komputer adalah Prosessor, Motherboard, RAM dan Harddisk.

Jika anda merasa bahwa salah satu dari 4 hardware di atas menjadi bottleneck terhadap hardware yang lain, maka sudah saatnya bagi anda untuk menyisihkan uang jajan demi membeli salah satu hardware tersebut.

Kunjungi beberapa toko komputer online seperti Bhinneka, Jakarta Notebook atau toko online lain seperti Blibli untuk mengetahui perkiraan harga hardware pengganti yang akan dibeli.

D. Pastikan Komputer atau Laptop Anda Bersih Dari Aplikasi Jahat

Komputer atau laptop yang terinstal Windows 7 akan bisa bekerja sesuai dengan keinginan anda jika hardware dan software bisa bekerja secara maksimal.

Dan berbicara masalah software, tentunya Windows 7 juga sebagai sistem operasi yang menjadi "software induk" untuk berbagai aplikasi tambahan harus terbebas atau bersih dari aplikasi jahat seperti virus, malware, spyware, worm, trojan, keylogger, dan aplikasi jahat lainnya.

Anda bisa menggunakan beragam aplikasi keamanan seperti Symantec Antivirus, BitDefender, Avira, AVG, Avast atau antivirus lainnya, baik yang gratis ataupun berbayar.

E. Jangan Membiarkan Sampah Menumpuk di Recycle Bin

Tahukah anda bahwa file yang dihapus dan masuk ke Recycle Bin itu tidak benar-benar dihapus dari harddisk sebelum anda mengosongkan Recycle Bin.

Jadi jika anda ingin kinerja Windows 7 tetap optimal, bersihkanlah Recycle Bin secara rutin, namun pastikan sekali lagi bahwa data yang akan dibuang tersebut benar-benar dibutuhkan.

F. Lakukan Backup Secara Teratur ke Media Eksternal

Harga flashdisk dan harddisk eksternal semakin murah, kapasitasnya pun semakin besar.

Dengan harga kurang dari 1 juta anda bisa mendapatkan sebuah harddisk eksternal dengan kapasitas maksimal 1 terabyte.

Sebelum membeli harddisk eksternal atau flashdisk, pastikan bahwa BIOS bisa membaca kapasitas maksimal media penyimpanan tersebut.

Menyimpan data di media eksternal akan membantu beban kerja harddisk dikarenakan tidak harus melakukan indeks terhadap file-file baru yang terus bertambah.

G. Matikan Komputer Ketika Tidak Digunakan

Selain bisa membuat hardware komputer/laptop lebih awet, mematikan komputer setelah selesai digunakan akan membantu Windows 7 beristirahat melakukan berbagai proses komputasi, baik yang berjalan secara otomatis maupun manual, baik yang bersifat ringan maupun berat.

Memperlakukan komputer dengan bijaksana akan membantu sistem operasi untuk bekerja sebagaimana tujuan dari komputer itu sendiri, yakni untuk membantu meringankan pekerjaan kita.

Mungkin sampai disini dulu penjelasan mengenai 7 cara atau tips sederhana meningkatkan atau mempercepat kinerja Windows 7.

Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan manfaat, pengalaman, pengetahuan, informasi, ide dan inspirasi untuk kita semua. Amin

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas atensi dan kunjungan anda. Sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.