8 April 2017

Gejala Harddisk Rusak Beserta Cara Memperbaikinya

Harddisk merupakan salah satu komponen utama dan sangat penting untuk membangun sebuah mesin pintar bernama komputer. Tapi sudah tahukah anda apa saja gejala atau ciri-ciri harddisk rusak beserta cara memperbaikinya ? Yuk kita simak bersama pembahasannya bersama kami.

Harddisk memang sangat penting, saking pentingnya, kebanyakan dari kita akan merasakan kebingungan yang teramat sangat ketika mengetahui bahwa di dalam harddisk tersebut terdapat banyak sekali data penting seperti foto pernikahan, surat lamaran kerja maupun file-file penting lainnya.
Gejala Harddisk Rusak Beserta Cara Memperbaikinya
Berikut ini adalah beberapa gejala, tanda atau ciri-ciri harddisk yang akan/sudah rusak :

Kerusakan Fisik

Harddisk rusak seringkali disebabkan oleh kerusakan yang bersifat fisik. Kerusakan tersebut ada yang bisa dilihat dengan mata, misalnya :
  1. Harddisk yang terjatuh dari ketinggian tertentu hingga menyebabkan cacat fisik
  2. Harddisk karena terguncang hebat
  3. Harddisk menjadi korban bencana seperti kebakaran, kebanjiran atau gempa
Sedangkan kerusakan fisik pada harddisk relatif lebih sulit untuk diketahui, namun kita bisa mengetahui beberapa cirinya, seperti :
  1. Harddisk mengeluarkan bunyi kreek krreekk
  2. Pasokan daya putus nyambung menyebabkan motor kadang bergerak kadang berhenti secara teratur
  3. Harddisk tidak bisa menampilkan sebagian besar file didalamnya
  4. Harddisk tidak mampu membuat komputer melakukan booting
Untuk memperbaiki harddisk yang rusak karena kecacatan fisik parah seperti yang kami sebutkan di atas, kita relatif sangat sulit untuk memperbaikinya sendiri. Jika kita benar-benar membutuhkan data didalamnya, maka kita bisa meminta jasa perbaikan yang berpengalaman (hingga saat ini di Indonesia belum ada yang mampu menangani kasus harddisk yang rusak karena cacat fisik parah).

Sedangkan untuk kerusakan fisik yang bersifat masih ringan seperti pada 4 poin di atas, kita bisa melakukan beberapa tool recovery yang tersedia gratis di internet.

Namun sebelum memvonis bahwa sebuah harddisk benar-benar rusak, sebaiknya melakukan beberapa tindakan pemeriksaan terlebih dahulu dengan cara :
  1. Memeriksa dan mengganti kabel power supply yang mengalirkan listrik ke harddisk
  2. Memeriksa lalu mengganti kabel data yang digunakan, baik yang berjenis IDE maupun SATA
  3. Mengganti motherboard harddisk
3 tindakan pemeriksaan di atas sebaiknya dilakukan oleh orang yang benar-benar memahami hardware dan software komputer untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Demikian artikel singkat dari kami mengenai beberapa gejala harddisk rusak beserta cara memperbaikinya. Semoga informasi dalam artikel ini bisa memberikan tambahan manfaat, wawasan, pengetahuan dan pengalaman untuk kita semua. Amin