8 April 2017

Cara Instal Windows 7, 8, 10 Dengan Flashdisk

Bagaimana sih cara instal Windows 7, 8, 10 dengan flashdisk ? Mari kita simak bersama tutorial, panduan atau penjelasannya bersama kami.

Sebelum menginstal Windows 7 menggunakan flashdisk, anda membutuhkan beberapa hardware dan software pendukung, yakni :
  1. File berformat ISO berisi installer Windows 7, 8, 10
  2. Flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB
  3. Komputer yang berfungsi dengan baik yang akan digunakan untuk membuat flashdisk sebagai media instalasi
  4. Komputer atau laptop yang akan di instal
  5. CD/DVD berisi driver yang spesifik untuk komputer yang akan di instal
  6. Universal USB Installer (flashdisk yang digunakan untuk booting dan melakukan instalasi Windows 7)
  7. Koneksi internet yang memadai (digunakan untuk mendownload file ISO serta driver atau permasalahan lain yang ditemui sebelum dan setelah melakukan instalasi).
Jika anda sudah melengkapi 7 kebutuhan atau persyaratan utama di atas, sekarang saatnya menginstal Windows 7, 8, 10 di komputer.
Cara Instal Windows 7, 8, 10 Dengan Flashdisk

Tahapan Menginstal Windows 7 Menggunakan Flashdisk dan Universal USB Installer

Pastikan anda mengikuti tahapan penginstalan berikut ini dengan baik dan teliti untuk meminimalisir gagalnya proses instalasi.

1. Buka aplikasi Universal USB Installer, pilih I Agree
Cara Instal Windows 7, 8, 10 Dengan Flashdisk
2. Pilih salah satu sistem operasi yang akan di install, misalnya Windows 7, 8 atau Windows 10
3. Pilih lokasi dimana file ISO berisi Windows 7, 8, 10 berada dengan menekan tombol Browse
4. Setelah memasukkan lokasi file ISO berisi installer Windows 7, 8, 10, selanjutnya adalah memilih drive yang mengarah ke flashdisk yang akan dijadikan sebagai media installasi. Jangan lupa untuk mencentang pilihan Format x:\ Driver (x adalah drive letter dimana flashdisk berada dan di komputer anda letter/hurufnya bisa berbeda)
5. Tekan Create, Kemudian pilih Yes
6. Tunggu hingga proses pembuatan USB selesai
7. Konfirmasikan proses penyelesaian pembuatan flashdisk installer dengan menekan Close
Anda telah selesai membuat flashdisk sebagai media untuk melakukan instalasi Windows 7, 8, 10. Sekarang saatnya menggunakan flashdisk tersebut untuk menginstal Windows, mari simak bersama tahapan cara penginstalan Windows di komputer atau laptop anda.

Cara Install Windows 7, 8, 10 Dengan Flashdisk

Setelah membuat bootable flashdisk, sekarang saatnya anda menggunakan flashdisk tersebut untuk menginstall Windows 7, 8, 10.

Sebelum melakukan instalasi Windows 7, 8, 10. Pastikan anda memiliki pengetahuan dasar tentang BIOS. Sebab flashdisk bootable tersebut tidak akan bermanfaat sama sekali jika anda tidak memahami BIOS.

Supaya flashdisk bootable tersebut bisa digunakan, silahkan simak panduan lengkapnya berikut ini:
  1. Nyalakan komputer
  2. Ketahui dan tekan tombol pada keyboard untuk mengakses menu pengaturan media yang akan dijadikan booting pertama kali, atau jika tersedia menu pemilihan booting tanpa melalui BIOS...maka anda harus mengakses BIOS terlebih dahulu. Pada beberapa motherboard, tombol Delete seringkali dijadikan sebagai tombol untuk mengakses BIOS. Namun pada beberapa motherboard lain, anda perlu mengetahui terlebih dahulu tombol yang harus ditekan supaya bisa masuk ke BIOS atau ke pemilihan Boot Device. Biasanya tombol untuk masuk ke BIOS atau langsung ke pemilihan boot device bisa menekan tombol Esc, F2, F8, F10, F11 atau F12. Untuk lebih mudahnya, silahkan anda lihat tampilan monitor anda ketika komputer atau laptop anda pertama kali dinyalakan. Lihat baik-baik pesan yang menunjukkan tombol yang harus ditekan untuk masuk ke BIOS atau mengakses menu pemilihan boot device. Jika anda bisa masuk ke menu boot device, maka pilihlah drive yang menunjukkan bootable flashdisk yang dibuat di langkah sebelumnya
Itulah informasi dari kami mengenai cara instal Windows 7, 8, 10 menggunakan flashdisk. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan untuk kita semua. Amin