10 April 2017

4 Tips Mengatasi Tidak Bisa Masuk Facebook

Tahun ini kami mendapatkan beberapa permintaan bantuan dari beberapa orang teman yang tidak bisa masuk Facebook. Baik yang disebabkan oleh kesalahan teman kami sendiri maupun yang disebabkan oleh tindakan orang lain.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa alasan anda tidak bisa masuk Facebook, yakni karena kecerobohan anda sendiri maupun karena disebabkan oleh tindakan pihak ketiga.

Dan sebelum menuduh pihak lain, sebaiknya anda memastikan terlebih dahulu bahwa anda tidak melakukan kesalahan yang menyebabkan anda tidak bisa mengakses akun Facebook.
Tips Mengatasi Tidak Bisa Masuk Facebook
Beberapa penyebab anda tidak bisa masuk Facebook antara lain :
  1. Anda menggunakan komputer yang digunakan bersama, baik itu di rumah maupun warnet (internet cafe) dan lupa melakukan logout sehingga ada pihak lain yang secara sengaja maupun tidak sengaja mengubah informasi login.
  2. Anda tidak menyertakan fitur login dua langkah. Facebook sudah menyertakan fitur login yang relatif lebih aman dengan menyertakan fitur login yang meminta verifikasi melalui nomor telepon seluler. Aktifkan fitur ini jika anda benar-benar menginginkan akun Facebook anda lebih aman.
  3. Komputer anda terjangkit spyware, malware dan trojan, keylogger yang bekerja mengumpulkan informasi dari setiap aktivitas yang anda lakukan.
  4. Anda memberikan informasi login kepada orang lain (hal ini biasanya terjadi di kalangan anak muda yang sedang kasmaran).
  5. Anda dipaksa memberikan informasi login kepada orang lain
  6. Anda memberi otorisasi kepada aplikasi pihak ketiga secara tidak disadari (misalnya saat menggunakan aplikasi berupa permainan, aplikasi chatting dan aplikasi lain di komputer maupun di smartphone).
  7. Ada yang mengetahui alamat email dan passwordnya. Hal ini bisa terjadi karena anda memberitahukannya kepada orang lain secara sengaja maupun tidak disengaja
  8. Ada yang mengetahui beberapa informasi penting untuk melakukan recovery atau pemulihan akun Facebook dan email yang terkait ke akun Facebook.
  9. Anda menggunakan identitas palsu

Tindakan Pencegahan Untuk Meminimalisir Tidak Bisa Masuk Facebook di Kemudian Hari

Ada pepatah "sedia payung sebelum hujan". Alangkah bijaksananya jika kita menerapkan pepatah tersebut ke dalam akun Facebook yang kita miliki. Sebab mencegah itu relatif lebih mudah dan lebih cepat daripada mengobati.

Berikut ini adalah beberapa cara atau tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan terhadap akun Facebook sehingga akan relatif lebih aman dan bisa digunakan di kemudian hari tanpa terlalu khawatir akan -maaf- diambilalih orang lain :

1. Aktifkan Peringatan atau Pemberitahuan Login di Browser dan Email

Tidak Bisa Masuk Facebook? Atasi Dengan Cara Ini
Fitur pemberitahuan ini akan membantu anda melakukan identifikasi awal mengetahui rincian login pada sesi tertentu.

Ketika anda mengetahui bahwa akun Facebook anda pernah diakses oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, anda disarankan untuk segera melakukan pengubahan password dan melakukan logout untuk sesi lainnya yang pernah terjadi.

2. Ubah Password Akun Facebook Anda Secara Berkala

Masuk fb saya, membuka fb, fesbuk saya
Tidak ada yang bisa mengetahui kapan "bencana" akan datang, begitu juga dengan akun Facebook.

Jika akun Facebook anda benar-benar anda butuhkan dan menjadi salah satu identitas anda di sosial media, maka anda wajib menjaga dan memeliharanya, dan itu bisa anda dapatkan jika akun tersebut senantiasa berada dalam kondisi yang aman.

Mengubah password akun Facebook secara berkala akan membantu anda menjaga keamanan akun tersebut, sehingga pihak lain yang memiliki niat buruk akan mengalami kesulitan untuk mengambil alih terhadap akun Facebook anda.

Gunakan password yang rumit, mudah di ingat ketika anda membuat password. Silahkan kunjungi tiga website di bawah ini untuk mengetahui dan membuat password yang akan benar-benar menjaga keamanan akun Facebook anda.

Password generator #1 : Strong Password Generator
Password generator #3 : Random Password Generator

Ubahlah akun Facebook anda minimal 1 bulan sekali jika anda ingin komunikasi dan aktivitas anda di Facebook anda berjalan dengan aman dan lancar.

3. Aktifkan Kode Persetujuan Login

masuk akun facebook,, buka akun facebook saya
Anggap saja orang lain berhasil memiliki email dan password akun Facebook anda, tapi mereka tidak akan bisa benar-benar mengakses dan menggunakan akun Facebook tersebut dikarenakan mereka memerlukan kode otentifikasi untuk memverifikasi proses login yang terjadi, inilah maksud dan manfaat dari poin ke-3 ini.

Untuk mengaktifkan fitur ini anda memerlukan (silahkan pilih salah satu) di antara 4 pilihan yang disediakan oleh Facebook, yakni :
  1. Nomor telepon yang aktif. Ingat dan usahakan nomor ini selalu aktif
  2. Sebuah flashdisk
  3. Aplikasi Facebook mobile, baik untuk Android maupun iOS; dan
  4. Kode recovery yang harus di generasi ketika anda bisa mengakses akun Facebook
Dan kami menyarankan anda memilih opsi pertama dan ketiga dikarenakan dua pilihan tersebut mudah dan banyak digunakan oleh para pengguna Facebook saat ini.

4. Minta Bantuan Teman-Teman Yang Dipercaya

Tidak Bisa Masuk Facebook? Atasi Dengan Cara Ini
Facebook menyediakan fitur Trusted Contacts sebagai salah satu pilihan untuk melakukan pemulihan akun Facebook yang tidak bisa di akses.

Namun sebelum memilih teman ke dalam Trusted contacts, pastikan bahwa teman anda tersebut tidak akan melakukan proses pemulihan akun Facebook anda tanpa persetujuan anda.

Terlepas dari 4 poin di atas. Ada sebuah permasalahan cukup pelik, sulit dan belum bisa diatasi dengan mudah ketika akun Facebook anda dinonaktifkan oleh pihak lain, baik oleh Facebook maupun pihak yang tidak bertanggung jawab sementara akun Facebook yang dinonaktifkan tersebut memiliki informasi yang anonim alias menyertakan informasi/data palsu. Jika anda mengalami kondisi seperti ini, maka dokumen identitas seperti KTP/SIM/Passport hasil scan pun tidak akan membantu anda.

Jadi,...jika anda memang benar-benar ingin menjadikan Facebook sebagai salah satu untuk menunjukkan identitas atau eksistensi anda di sosial media, sebaiknya gunakan informasi asli yang meliputi nama, tanggal lahir dan alamat.

Itulah 4 tips awal dari kami untuk mengatasi tidak masuk Facebook. Semoga informasi ini bisa memberikan tambahan manfaat, informasi, pengetahuan, wawasan dan pengalaman untuk kita semua. Amin

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas atensi dan kunjungan anda. Sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.