10 April 2017

Kenapa Email dan Nomor HP Mengendalikan Akun Facebook ?

Sebagian besar dari kita pastinya ingat bahwa ketika membuat akun Facebook kita diminta untuk memasukkan sebuah alamat email atau nomor telepon. Lalu, tahukah anda apa saja peranan serta manfaat dari email dan nomor telepon yang dimasukkan ketika mendaftar Facebook tersebut ?

Kami pernah mencoba melakukan pengujian independen untuk mengambil alih akun Facebook cadangan milik kami sendiri, dan proses tersebut sangat mudah dilakukan, terutama untuk akun Facebook baru.

Hanya dengan mengetahui kota yang tertera di akun Facebook tersebut kami bisa melakukan pemulihan dalam hitungan menit.
Kenapa Email dan Nomor HP Memegang Kendali Akun Facebook
Bug di Facebook yang hingga saat ini belum diperbaiki adalah :
Menggunakan pertanyaan sensitif berupa kota dimana salah satu anggota keluarga kita dilahirkan untuk akun facebook baru.
Siapapun bisa mengambil alih akun Facebook seseorang jika dia mengetahui akun Facebook targetnya masih baru, belum diverifikasi lewat email atau nomor telepon.

Hallo Facebook, suaranya manaa?

Beberapa tindakan yang perlu anda perhatikan sebelum anda membuat akun Facebook :

1. Pastikan Bahwa Anda Membuat Email Sendiri

Alamat email yang digunakan untuk mendaftar Facebook itu merupakan "nyawa" dari akun Facebook anda.

Jika seseorang mengetahui informasi penting (termasuk password email) yang digunakan untuk mendaftar akun Facebook anda, maka tamat sudah riwayat akun Facebook anda.

Jadi, belajarlah membuat email mulai sekarang juga. Kurangi dan hindari ketergantungan kepada orang lain dalam hal membuat email, sebab alamat email memiliki peranan yang sangat penting terhadap berbagai macam akun dan informasi pribadi anda.

Jika anda ingin mencegah akun Facebook anda di akses pihak yang tidak bertanggung jawab, belajarlah mulai hari ini juga untuk membuat email tanpa bantuan orang lain. Jangan lupa juga untuk mengamankan email tersebut supaya lebih sulit untuk "ditembus" oleh mereka yang memiliki nia buruk kepada anda.

2. Pastikan Handphone Anda Dilindungi Password

Karena membuat akun Facebook bisa dilakukan dengan hanya menggunakan sebuah nomor telepon. Maka sudah menjadi kewajiban anda untuk menjaga keamanan nomor telepon tersebut.

Jika sim card berisi nomor telepon yang terhubung ke akun Facebook dipasang di sebuah smartphone Android atau iPhone, maka sudah menjadi kewajiban anda untuk melindungi akses terhadap notifikasi dan sms yang masuk ke perangkat tersebut. Jangan sampai pesan masuk dari Facebook berisi kode untuk mengotentifikasi login ataupun melakukan pemulihan akun dibaca dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kami menulis artikel ini karena melihat masih banyak orang yang tidak menyadari betapa pentignya alamat email dan nomor handphone terhadap akun Facebook maupun akun lainnya.

Anda boleh mengabaikan informasi ini, anda juga boleh menyebut kami sebagai pihak yang sok tahu. Tapi jika di akun Facebook anda terdapat informasi krusial (misalnya obrolan, foto dan video  serta catatan yang bersifat pribadi, bahkan sangat pribadi), maka menjaga kerahasiaan alamat email beserta passwordnya merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh diremehkan.

So, itulah informasi singkat dari kami mengenai alasan kenapa email dan nomor hape memegang kendali terhadap akun Facebook anda.

Kami harap anda bisa mendapatkan tambahan informasi, pengalaman, manfaat dan informasi dari artikel ini. Terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel informatif lainnya.