10 April 2017

5 Informasi Sensitif Yang Sebaiknya Disembunyikan di Akun Facebook

Apa saja sich informasi sensitif yang sebaiknya tidak dipublikasi ke teman-teman anda di Facebook?

Artikel ini merupakan artikel untuk membantu anda memperkuat pondasi dalam rangka menjaga dan meningkatkan keamanan akun Facebook.

Anda sudah bisa membuat email dan akun Facebook serta menjaga kerahasiaan nomor telepon yang bisa digunakan oleh orang lain untuk mengendalikan akun Facebook anda.

Selain itu anda juga sudah mendapatkan sedikit informasi mengenai cara menangani akun Facebook yang tidak bisa login/masuk, dan dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai beberapa informasi sensitif yang sebaiknya tidak dipublikasi untuk umum ataupun diperlihatkan kepada teman-teman anda supaya akun Facebook tetap aman dan terkendali.

Sebagai seorang pengguna Facebook, menjaga kerahasiaan informasi pribadi yang bersifat sensitif sudah tentu merupakan sebuah hal yang sangat penting sekaligus menjadi kewajiban yang harus mendapatkan prioritas tinggi.
Informasi Sensitif Yang Sebaiknya Disembunyikan di Akun Facebook
Informasi sensitif seperti nomor telepon, tanggal lahir, nama sekolah dan lokasi dimana anda berdomisili merupakan beberapa aspek yang sepatutnya diperhatikan baik-baik. Karena seperti kata Bang Napi, "kejahatan terjadi bukan hanya disebabkan oleh niat si pelaku, tetapi karena ada kesempatan juga".

So,...sebagai pemilik akun Facebook, jangan berikan kesempatan kepada calon pelaku kejahatan di dunia maya untuk mencelakakan anda.

Facebook adalah sebuah sosial media yang "terlalu memaksa" penggunanya untuk memasukkan data atau informasi pribadi yang terlalu sensitif. Data-data atau informasi sensitif tersebut meliputi :
  1. Nomor telepon
  2. Nama sekolah
  3. Nama tempat kerja, posisi di tempat kerja dan jenis pekerjaan
  4. Hubungan keluarga
  5. Status kekerabatan; dan
  6. Beberapa informasi sensitif lainnya yang kasat mata
Perlu kita ketahui bahwa kesalahan yang terjadi dalam penggunaan komputer lebih banyak disebabkan oleh error yang disebabkan oleh pengguna komputer itu sendiri.

Error atau kesalahan tersebut hingga sekarang terbawa-bawa ke dalam aktivitas serta interaksi yang dilakukan di dunia maya, salah satunya bersosialisasi di sosial media.

Jangan langsung percaya ketika ada yang menanyakan nomor telepon anda, nama suami/istri/orang tua atau anak anda.

Jangan langsung merespon ketika ada yang menanyakan nomor rumah, nama gang, kelurahan atau kecamatan tempat tinggal anda.

Kenapa ?

Sebab bisa saja saat itu ada orang yang sedang melakukan teknik social engineering untuk mendapatkan berbagai data pribadi yang bersifat sensitif.

Dan sudah tidak aneh bahwa kebanyakan pengguna komputer seringkali menggunakan data/informasi pribadi yang sensitif tersebut sebagai password atau kata sandi.

Jika anda adalah seseorang yang seringkali menggunakan sandi dengan tingkat kesulitan sangat rendah (misalnya kombinasi tanggal, bulan dan tahun kelahiran), maka sudah saatnya anda mengubah kebiasaan tersebut mulai hari ini juga.

Gunakan password yang rumit namun mudah di ingat sebagai pelindung data dan informasi sensitif anda, salah satunya akun Facebook.

Anda tentunya tidak ingin percakapan yang berisi nomor rekening, pembicaraan pribadi dengan pasangan, nomor tiket pesawat, nomor order belanja online atau nomor kartu kredit digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk membantu meminimalisir tindakan pengambilalihan akun Facebook bagi anda yang masih menggunakan password dengan tingkat kesulitan tingkat rendah hingga medium, maka kami menyarankan anda menyembunyikan informasi/data pribadi yang sensitif dari akun pribadi anda, berikut adalah penjelasannya :

1. Sembunyikan Tanggal Lahir Untuk Mencegah Seseorang Menggunakannya Untuk Tujuan Buruk

5 Informasi Sensitif Yang Sebaiknya Disembunyikan di Akun Facebook
Untuk anda yang memiliki akun Facebook dengan password yang terdiri dari kombinasi tanggal lahir sebaiknya menyembunyikan informasi sensitif ini untuk meminimalisir penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Perlihatkan Email, ID Social Link dan Website Hanya Kepada Diri Anda Sendiri

5 Informasi Sensitif Yang Sebaiknya Disembunyikan di Akun Facebook
Menyembunyikan email, ID social link dan website merupakan tindakan kedua yang sangat disarankan, sebab tiga jenis informasi sensitif tersebut bisa saja digunakan oleh mereka yang berniat jahat sebagai awal untuk menggali informasi seputar password akun Facebook anda.

3. Jangan Tampilkan Anggota Keluarga Dan Hubungan Kekerabatan Kepada Orang Lain

5 Informasi Sensitif Yang Sebaiknya Disembunyikan di Akun Facebook
Jelaskan kepada anggota keluarga anggota anda sebelum anda menyembunyikan informasi ini. Yakinkan bahwa tindakan yang anda lakukan semata-mata untuk menjaga sekaligus melindungi akun Facebook anda.

Hal ini sangat penting, sebab pihak yang tidak bertanggungjawab bisa saja mendapatkan password akun Facebook anda dengan cara menggali informasi sensitif dari anggota keluarga anda yang terhubung di Facebook ketika anda menampilkan informasi kekerabatan di akun Facebook anda. Dan untuk hal ini, kami pernah membuktikan bahwa metode ini sangat ampuh untuk mendapatkan informasi sensitif.

4. Jangan Perlihatkan Nomor Telepon di Dalam Informasi Akun Facebook

5 Informasi Sensitif Yang Sebaiknya Disembunyikan di Akun Facebook
Selain bisa digunakan untuk mengidentifikasi identitas seorang pengguna akun Facebook, nomor telepon juga bisa digunakan untuk memulihkan akun Facebook ketika akun tersebut tidak bisa masuk (login).

Tetap rahasiakan nomor telepon/handphone supaya akun Facebook anda tetap aman dari tangan-tangan jahil yang berniat buruk terhadap anda.


5. Jangan Menginformasikan Password Akun Facebook Anda Dalam Bentuk Status

5 Informasi Sensitif Yang Sebaiknya Disembunyikan di Akun Facebook
Mengumbar password akun Facebook anda dalam bentuk status sama saja dengan membuka pintu selebar-lebarnya kepada setiap orang (bahkan jika anda memberlakukan verifikasi login 2 langkah).

Jangan pernah memuat password atau kata sandi akun Facebook dan akun-akun yang lain dalam bentuk status. Simpan dan jagalah password anda baik-baik dalam ingatan anda.

Itulah informasi singkat dari kami mengenai 5 informasi sensitif yang sebaiknya tidak ditampilkan di akun Facebook anda.

Semoga informasi dalam artikel ini bisa memberikan tambahan manfaat, pengetahuan, wawasan, pengalaman dan inspirasi serta ide untuk kita semua.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel informatif lainnya.